People Innovation Excellence

Tulus untuk Pendidikan oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Kemajuan suatu bangsa bukan hanya ditentukan dari keberhasilan ekonomi dan bisnis di negara tersebut. Namun yang utama adalah dari kualitas setiap individu yang ada di dalamnya. Salah satu cara untuk dapat membentuk individu yang berkualitas adalah dengan memberikan pendidikan yang layak bagi seseorang.

Pendidikan yang layak itu seharusnya tidak hanya sekedar mengembangkan aspek intelektual. Namun hendaknya memperkaya setiap individu tanpa menghilangkan perbedaan antara masing-masing pribadi. Karena dengan pendidikan sejatinya dapat memperkuat rasa percaya diri seseorang.

Hal ini juga dinyatakan oleh Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, bahwa metode yang sesuai dengan sistem pendidikan adalah sistem among yaitu metode pengajaran dan pendidikan yang berdasarkan pada asih, asah dan asuh (care and dedication based on love).
Selain ketiga hal tersebut, bagi Saya kunci utama dalam pendidikan adalah ketulusan. Segala sesuatu yang dikerjakan dengan penuh ketulusan tidak akan terasa berat, segala usaha terbaik akan kita kerahkan untuk itu dan hasilnya pun akan memuaskan.

Ketulusan dalam pendidikan ini berlaku untuk semua pelaku pendidikan, baik para pengajar maupun peserta didik. Untuk para peserta didik,  jika Anda merasa bahwa pendidikan yang Anda dapatkan sekarang penuh dengan perjuangan dan kerja keras, syukurilah ! Jalani itu semua dengan penuh ketulusan. Karena yang merasakan hasilnya kelak adalah Anda sendiri. Dan bagi para pengajar, sadarilah bahwa ilmu yang Anda berikan kepada peserta didik Anda adalah salah satu kontribusi Anda untuk mensejahterahkan Bangsa Indonesia.

Akhir kata saya ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari kita jadikan ini sebagai momentum introspeksi untuk mengoreksi diri apakah kita sudah betul-betul tulus dalam menyelesaikan pendidikan kita ataupun dalam mengabdikan diri di dunia pendidikan. Sehingga pada akhirnya memacu semangat kita dalam berinovasi dan berkreasi guna penyelenggaraan pendidikan ke depan yang lebih baik.

Maju terus dunia pendidikan di Indonesia !

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MMRektor BINUS UNIVERSITY


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close