“Program 3+1 ini sangat membantu Bank Sinarmas dalam membuat sistem yang lebih baik. Sebenarnya program 3+1 ini adalah kesempatan bagi perusahaan untuk dapat melihat kemampuan dan karakter dari mahasiswa yang dikirim oleh BINUS UNIVERSITY.” Ujar Megawati yang merupakan salah satu HR sekaligus User dalam program 3+1 ini.

Sebagai Human Resources (HR), Mega melihat ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih fresh graduate yaitu IPK min 3, kemampuan berbahasa khususnya berbahasa inggris, kemampuan komputer dan mempunyai soft skill yang baik. Tentu tidak mudah menemukan talent yang bisa menjawab kebutuhan tersebut dengan sekali bertemu saja.

Karena itu BINUS UNIVERSITY mengajak industri untuk mengembangkan kualitas generasi muda Indonesia melalui program 3+1 ini. Melalui program ini, institusi pendidikan dan industri dapat mengubah graduate menjadi talent. Hal ini pun dikemukakan oleh Mega yang merasa puas dengan kontribusi mahasiswa dari program ini. “Saya melihat mahasiswa BINUS ini sungguh luar biasa baik dalam cara kerjanya maupun karakternya. Selama kurang lebih 1 tahun saya bekerja bersama mahasiswa 3+1 ini, saya melihat beberapa standar BINUS yaitu memiliki hard skill dan soft skill yang baik, teliti, fokus, aktif, kreatif, sering melakukan inovasi dan mandiri.” Ujar Mega.

Selama 1 tahun ini, para mahasiswa magang ini dibagi menjadi beberapa tim untuk membangun 6 sistem berbasis komputer dibidang Human Resources (HR). “Pada 2 bulan pertama mereka akan diberi pengetahuan secara umum mengenai Bank Sinarmas dan lingkup kerja mereka supaya mereka mengenal produk yang akan mereka buat.” Ujar Mega. Setelah itu mahasiswa magang ini akan dibimbing oleh IT Bank Sinarmas, bekerja bersama-sama untuk membangun sistem yang mulanya manual menjadi aplikasi yang dapat mempermudah Bank Sinarmas.

Tentu ini merupakan pengalaman berharga bagi BINUSIAN, dimana belum selesai kuliah tetapi sudah mampu membuat sebuah sistem bersama orang profesional dimana sistem itu digunakan oleh ribuan orang.

“Saya pribadi mengharapkan tahun depan, BINUS UNIVERSITY bisa memberikan mahasiswa lebih banyak untuk pengembangan bagi Sinarmas sendiri. Karena program ini, menginspirasi kami untuk mengembangkan beberapa system yang dapat menjadi ajang pembejaran bagi mahasiswa magang itu sendiri.” Ungkap Mega. (AL)