People Innovation Excellence

BINUS UNIVERSITY BANGKITKAN SEMANGAT SOCIAL ENTREPRENEUR DENGAN IDEA FEST

Ide merupakan hasil dari indahnya kreativitas. Kreativitas menghasilkan banyak hal yang dapat bermanfaat dan menarik bagi semua orang. Diantara nilai-nilai yang dihasilkan oleh kreativitas, jarang ada unsur kemanusiaan yang diselipkan di dalamnya. Kini social entrepreneur muncul sebagai tren baru yang membawa ide bisnis kreatif yang berbaur dengan rasa-rasa kemanusiaan.

BINUS UNIVERSITY melalui IDEA FEST mengadakan talkshow bertajuk ?ideas for Indonesia? pada Senin (13/4). Seperti yang diketahui tema IDEA FEST kali ini adalah ?creatifity with purpose? yaitu kreativitas yang bernilai. Seminar yang membahas tentang social entrepreneur ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Ben Soebiakto yang merupakan seorang creaticepreneur (OCTOVATE Group & KapanLagi.com), Chaerany Putri yang merupakan founder dari GerakCepat.com, dan Handoko Hendroyono yang adalah founder OneComm Indonesia sekaligus produser film Filosofi Kopi.

?Be bold or italic, never just regular?. Ujar Handoko Hendroyono. Handoko mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia, maka seorang entrepreneur harus memiliki keunikan yang membedakan antara dirinya dengan orang-orang lainnya, sebab akan sulit untuk meyakinkan masyarakat apabila tidak ada keunikan yang dimiliki. Handoko yang juga menjadi produser dari film Filosofi Kopi mengungkapkan bahwa dalam proses pembuatan film Filosofi Kopi selalu dilakukan dengan cara-cara yang kreatif. Ia mengatakan bahwa film Filosofi Kopi bukan hanya film biasa, namun film ini membawa pesan sosial untuk melestarikan kopi Indonesia.

Pembicara kedua, Ben Soebiakto lebih mempertegas pesan kreativitas yang dipadukan dengan nilai-nilai sosial dalam masyarakat. ?Jangan hanya memiliki kreativitas, tapi milikilah kreativitas yang memiliki impact, hasilkanlah sesuatu yang bukan hanya uang namun juga karya berkepanjangan yang berguna bagi banyak orang?. Ujar Ben. Ben mengatakan bahwa kreativitas kini bukan hanya untuk kepuasan diri sendiri, namun juga didedikasikan untuk kepentingan banyak orang.

Chaerani Putri selaku salah satu pembicara mengungkapkan bahwa program kompetisi yang diadakan IDEA FEST bertujuan untuk mengajak anak muda untuk membuat impact-impact kecil di lingkungannya sendiri.

Pada akhir talkshow, Handoko mengungkapkan bahwa berkah dari negeri ini adalah banyaknya permasalahan yang ada, sehingga dari masalah tersebut lahirlah social entrepreneur. Para pembicara berharap setelah ini akan banyak lahir social entrepreneur muda yang tidak hanya memiliki kreativitas, namun juga mampu membawakan pengaruh untuk lingkungannya. Dengan melahirkan bisnis dari kreativitas yang memiliki pengaruh, akan ada kepuasan tersendiri yang tercipta diluar materi yang didapatkan. (AS)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close