BINUS UNIVERSITY

BERPIKIR GLOBAL, BINUS UNIVERSITY BERBAGI PENGETAHUAN MENGENAI KEAMANAN ASIA TIMUR

Asia Timur memiliki penguasaan yang besar dibidang manufaktur, dibutuhkan pertahanan negara yang kuat untuk menjaga agar kegiatan bisnis berjalan dengan aman dan tertib. Beruntung, BINUS UNIVERSITY dapat memperoleh wawasan mengenai sistem keamanan Asia Timur langsung dari salah satu negara Asia Timur, Taiwan. TamKang University salah satu perguruan tinggi swasta Taiwan hadir dan memberikan konferensi di BINUS UNIVERSITY pada Kamis (2/4).

Pada sesi pertama konferensi diisi oleh tiga pembicara, yaitu Prof. A. Dahana dari BINUS UNIVERSITY, serta Prof. Ming-Hsien Wong dan Prof. Fransisco Luis Perez Exposito dari TamKang University. Presentasi materi dan diskusi bersama tiga pembicara tersebut dimoderatori oleh Pamungkas Ayudhaning Dewanto, M.A dari BINUS UNIVERSITY.

Diskusi ini dimulai dengan presentasi materi oleh Prof. A. Dahana yang dibantu dibacakan oleh rekannya Dr. Johanes Herlijanto karena terdapat keterbatasan. Materi yang dibawakan oleh Prof. A. Dahana adalah The Pendulum of China ? Indonesia Relations, materi tersebut membahas tentang fenomena hubungan antara China dan Indonesia yang disebutkan oleh Prof. A. Dahana masih dalam periode ?bulan madu? dan masih terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan gangguan dimasa depan yang mempengaruhi hubungan dua negara ini.

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan presentasi materi oleh Prof. Ming-Hsien Wong yang membawakan topik tentang Theory and Practice of East Asia Regional Security Development. Dalam topik ini profesor dari Tamkang University tersebut memaparkan tentang pembangunan keamanan regional yang dibangun di Asia Timur khususnya Taiwan. Ia juga menjelaskan tentang teori pembangunan keamanan, dan yang terakhir faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pembangunan keamanan Asia Timur, serta memperlihatkan berbagai perspekif berbeda tentang pemahaman dan pentingnya pembangunan keamanan Asia Timur.

Acara dilanjutkan dengan pembahasan dari Prof. Francisco Luis Perez Exposito yang membahas mengenai Argentina?s Growing Rapprochement to China in Security Issue. Dalam presentasinya Prof. Francisco menjelaskan tentang Argentina yang menumbuhkan pemulihan hubungan antara China dan Argentina, bentuk nyatanya adalah dengan kerjasama-kerjasama militer dan keamanan yang dilakukan oleh kedua negara. Sesi ini diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peserta konferensi yang dipandu oleh modetaror. (AS)