People Innovation Excellence

PERTAMA DI INDONESIA, PROGRAM STUDI SASTRA CHINA BINUS UNIVERSITY TERAKREDITASI A

Berangkat dari suatu keyakinan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat akan pendidikan, pada tahun 2002 BINUS UNIVERSITY membuka suatu program studi baru yaitu Sastra China. Menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa mandarin, diharapkan dapat menarik minat para siswa SMA maupun SMAK dalam melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi serta mendalami kemampuan dalam berbahasa mandarin.

Memulai membuka lembaran baru dalam dunia pendidikan, program studi sastra china BINUS UNIVERSITY mulai beroperasi di Indonesia dengan akreditasi C. Tentunya memerlukan kerja keras dan semangat juang dalam memperkenalkan program studi baru di BINUS UNIVERSITY. Banyak pertanyaan seputar kualitas dosen yang dimiliki, mata kuliah yang diberikan, hingga prospek profesi lulusan setelah menyelesaikan masa studi pada program studi yang baru saja beroperasi tersebut. Namun hal tersebut tidak membuat semangat para dosen dan karyawan yang tergabung dalam program studi sastra china ini menjadi berkurang.

Setelah 3 tahun pertama beroperasi, program studi ini mengajukan kepada Badan Akreditasi Nasional ? Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam memperbaharui akreditasi mereka sebagai salah satu syarat ijin penyelenggaraan program studi di Indonesia. Berkat kerja keras dalam tim, maka program studi sastra china mendapatkan Akreditasi B dari BAN-PT. tentunya terdapat peningkatan mutu pendidikan sehingga berpengaruh dalam peningkatan jumlah mahasiswa yang memilih program studi sastra china.

Sekilas tentang BAN ? PT, Badan Akreditasi Nasional ? Perguruan Tinggi atau biasa disebut BAN-PT merupakan lembaga atau institusi non-departemen yang bernaung di bawah departemen pendidikan Indonesia yang mempunyai wewenang dalam menilai mutu pendidikan yang diberikan oleh setiap program studi yang terdapat di dalam suatu universitas. Dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia untuk tingkat perguruan tinggi, lembaga ini akan mengevaluasi mengenai kinerja seluruh program studi yang ada di setiap universitas setiap lima tahun sekali sesuai dengan hasil surat keputusan dari lembaga tersebut. Hasil dari evaluasi tersebut akan diproses menjadi suatu output nilai yang disebut akreditasi.

Proses akreditasi yang dilakukan oleh lembaga tersebut selain menilai hasil kinerja setiap program studi yang ada, BAN-PT juga mengevaluasi dari hasil pengamatan secara langsung mengenai kinerja program studi tersebut dalam memberikan pelayanan pendidikan dan menentukan kelayakan mutu kepada program studi untuk mendapatkan akreditasi yang akan diakui secara nasional. Mekanisme tahapan dalam proses akreditasi dimulai dengan penyusunan dokumen dalam bentuk borang. Borang merupakan kumpulan data-data administrasi dari suatu program studi. Dari dokumen yang dikirimkan ke BAN-PT akan dilanjutkan dengan proses evaluasi, dan dari hasil evaluasi tersebutlah yang akan menentukan layak atau tidak program studi mendapatkan akreditasi.

Berhasil mempertahankan akreditasi B selama berkiprah dalam dunia pendidikan, program studi sastra china terus meningkatkan kualitas dosen baik dari sisi akademik maupun non akademik, serta kualitas mahasiswa sehingga mampu bersaing dalam dunia global. Program studi sastra china telah membuktikan kualitasnya dengan banyaknya lulusan yang bekerja diperusahaan nasional maupun diperusahaan multi nasional. Sebelum ijin penyelenggaraan program studi ini berakhir, program studi ini kembali mengajukan perbaharuan akreditasi pada tahun 2013. Banyak persiapan yang dilakukan dalam hal mengumpulkan data mahasiswa dari berbagai unit di BINUS UNIVERSITY. Berbagai dukungan mengalir dari setiap unit untuk membantu mempersiapkan sebelum memasuki tahap visitasi oleh BAN ? PT.

Akhirnya, hasil kerja keras dan dukungan semua unit, maka program studi sastra china BINUS UNIVERSITY berhasil meraih akreditasi A, yang hasilnya diumumkan oleh BAN ? PT pada Jumat (09/01) melalui website resmi BAN ? PT. Dengan meraih Akreditasi A, maka program studi sastra china BINUS UNIVERSITY merupakan program studi pertama dan satu ? satunya yang mendapatkan akreditasi A. merupakan tanggung jawab yang besar dalam mempertahankan prestasi tersebut.

?Dengan mendapatkan akreditasi A ini, diharapkan banyak siswa SMA atau SMK yang melanjutkan pendidikan di BINUS UNIVERSITY dan memilih Program Studi sastra china. Selain itu harapan kami kualitas dosen pun meningkat dan bisa melanjutkan pendidikan hingga menyandang program doctor, serta menghasilkan jurnal international yang masuk ke dalam scopus?, tutup Andyni Khosasih, SE, BA, M.Lit selaku Head of Department ? Chinese


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close