People Innovation Excellence

Satu-satunya di Indonesia yang Terakreditasi EFMD EPAS

Jakarta, 19 Januari 2015 ? Bertepatan dengan datangnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), program S-1 International Accounting & Finance, Faculty of Business BINUS UNIVERSITY International meraih akreditasi EFMD EPAS, sebuah akreditasi internasional untuk program akademis yang terafiliasi business school. Program ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi internasional standar Eropa untuk sekolah bisnis dan manajemen ini.

European Foundation for Management Development (EFMD) adalahorganisasi akreditasi business school yang berbasis di Belgia, Eropa dan terbagi menjadi sejumlah kategori, diantaranya EFMD Improvement Quality System (EQUIS) dan EFMD Programme Accreditation System (EPAS). EQUIS merupakan akreditasi di tingkat institusi (universitas), sementara EPAS merupakan akreditasi untuk tingkat program studi.

?Program International Accounting and Finance BINUS UNIVERSITY International adalah program akuntansi pertama di Indonesia yang menerima akreditasi dari EFMD. Sedangkan EFMD EPAS adalah akreditasi dari EFMD untuk suatu program,? ujar Dewi Fitriasari, Ph.D., CSRA, CMA, Head of Program School of Accounting BINUS UNIVERSITY International.

Bagi BINUS, menjadi ?international? bukan sekedar slogan. Kualitas program studi haruslah sesuai dengan perspektif internasional dengan standar yang diakui secara internasional. Salah satunya melalui akreditasi EFMD.

Akreditasi internasional adalah seal of approval di tingkat internasional bahwa suatu universitas memiliki desain yang membuat universitas tersebut mampu mencetak lulusan yang dapat berkompetisi secara international head to head dengan lulusan luar negeri lainnya. Dewi menambahkan, ?Bagi kita di Indonesia, ini suatu kebanggaan karena kita sudah dapat secara terbuka menyatakan bahwa Indonesia siap bertarung. Kita sudah punya universitas yang terakreditasi internasional.?

Tidak berhenti sampai di sini, program International Accounting & Finance juga akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas melalui akreditasi internasional lainnya. ?Ini adalah langkah awal, kita mulai dari EFMD EPAS, karena memungkinkan akreditasi internasional untuk unit akademis tertentu dari suatu universitas selama program tersebut terafiliasi di business school,? ujar Dewi.

Untuk mendapatkan akreditasi EPAS ini diperlukan waktu kurang lebih dua tahun untuk mempersiapkan berbagai dokumen, pembenahan internal meliputi desain program, delivery program, output lulusan dan dampaknya di masyakarat. Setelah proses pengajuan akreditasi, kemudian dilakukan pengecekan apakah semua yang diajukan memenuhi syarat. Setelah dianggap memenuhi syarat, assessor dari EFMD akan datang ke universitas melakukan wawancara ke mahasiswa, alumni, operasional, dosen dan pihak lainnya.

?Ini merupakan pemicu yang sangat baik bagi kita di BINUS, terutama di BINUS UNIVERSITY International. Karena dengan program International Accounting and Finance terakreditasi EFMD EPAS itu berarti proses and cara kami bekerja dapat menjadi benchmark program-program lainnya,? ujar Dewi.

Pengakuan internasional untuk International Accounting & Finance BINUS UNIVERSITY International member keuntungan bagi mahasiswa. Mereka yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri atau bekerja di negara lain dan perusahaan multinasional akan lebih mudah mendapatkan peluang karena mereka sudah terbentuk secara akademis dan pola pikir global.

—o0o—

Sekilas tentang BINUS UNIVERSITY INTERNATIONAL

BINUS UNIVERSITY INTERNATIONAL merupakan program S1 internasional dari BINUS UNIVERSITY yang bekerjasama dengan 19 universitas terkemuka di Australia, Eropadan Asia, yaitu: La Trobe University Macquarie University, Murdoch University, Queensland University of Technology, RMIT University, Swinburne University of Technology, University of New South Wales (UNSW) dan University of Wollongong (UOW) di Australia; Auckland University of Technology (AUT), dan Victoria University of Wellington di New Zealand; Bournemouth University, Northumbria University dan University of Nottingham di Inggris; Cologne Business School (CBS) di Jerman; IHTTI School of Hotel Management di Swiss; In Holland University of Applied Science dan Saxion University di Belanda; Kinki University di Jepang, dan Ningbo University di China.

Berdiri sejak tahun 2001, di lokasi strategis di daerah Senayan, BINUS UNIVERSITY INTERNATIONAL menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional dengan sistem dual degree yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan dua gelar (Sarjana dari BINUS UNIVERSITY INTERNATIONAL dan Bachelor dari universitas partner di luar negeri) ataupun Master?s Track Program dimana mahasiswa bisa menyelesaikan S1 dan S2 mereka dalam waktu yang lebih singkat (bekerjasama dengan Macquarie University, Australia).

Saat ini BINUS UNIVERSITY INTERNATIONAL memiliki 8 jurusan, yaitu : International Accounting & Finance, Communication, Computer Science, Film, Hospitality & Tourism Management, Information Systems, International Business, dan Marketing.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close