People Innovation Excellence

TANTANGAN PEMUDA INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

Untuk meningkatkan generasi muda akan rasa nasionalisme, Kodam Jaya mengajak BINUSIAN untuk menyadari tantangan nyata yang akan di hadapi Indonesia melalui kuliah umum yang dibawakan oleh Agus Sutomo, SE selaku Pangdam Jaya Mayjen. TNI pada Senin (8/12) yang bertempat di Auditorium Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY.

?Bila pemuda Indonesia tercerai berai bagaimana kita bisa menghadapi Indonesia Emas? Suatu hari nanti kita akan menghadapi krisis energi dunia dan saat itulah peran generasi muda sebagai penerus bangsa diuji untuk menyelamatkan Indonesia. Karena Indonesia emas ini ada ditangan pemuda Indonesia.? Ungkap Agus.

Agus menyadarkan pemuda Indonesia untuk bersatu menuju Indonesia Emas, masa dimana Indonesia sudah menjadi negara yang kuat dan kokoh. Namun untuk mencapai Indonesia Emas di tahun 2045 tidaklah mudah. Dunia akan mengalami krisis energi dengan populasi manusia yang terus bertambah. Saat ini jumlah penduduk bumi sudah mencapai 7,2 miliar dan hanya diperlukan waktu 6 tahun untuk menambahkan 1 miliar penduduk.

Sedangkan secara ideal, bumi hanya mampu menampung 5 miliar penduduk, dan bagaimana bila populasi penduduk terus bertambah? Lama kelamaan antar negara akan memperebutkan kekayaan bumi untuk dapat bertahan hidup.

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki tanah yang subur dan kekayaan alam yang melimpah. Namun pergerakan globalisasi yang semakin cepat mengundang banyak orang asing membuka lahan di Indonesia dan mengambil kepunyaan Indonesia untuk mereka. Bila Indonesia tidak memiliki sumber daya manusia yang mampu mengolah tanahnya sendiri, lama kelamaan kekayaan alam Indonesia-pun akan habis dan tidak tersimpan untuk anak cucu kita.

Karena itu, Indonesia memerlukan semangat dan agresif dari generasi muda untuk melawan hal ini. ?Bila pemuda Indonesia hanya terus berkelahi dan menyalurkan energi muda yang mereka punya hanya untuk protes dan berkelahi, bagaimana kita bisa membawa Indonesia menjadi yang lebih baik?? Tandas Agus. Menurutnya, pemuda Indonesia dari jaman kemerdekaan dulu sudah berperan penting dan apa yang kita miliki sekarang juga merupakan upaya dari pemuda Indonesia.

Saatnya bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk mengembalikan semangat pemuda Indonesia agar bereaksi menghadapi krisis dunia yang akan datang. Hal ini dibahas tuntas dalam kuliah umum yang bertajuk Peran Pemuda dalam Menghadapi Tantangan Indonesia ke Depan.

Transformasi pemuda Indonesia dimulai dengan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sehingga kualitas sumber daya manusia di Indonesiapun meningkat. Semakin banyak SDM Indonesia yang berkualitas maka akan mudah bagi Indonesia untuk mengelolah kekayaan alamnya. Dengan begitu Indonesia siap menghadapi krisis energi dunia dan menuju Indonesia Emas. Yuk BINUSIAN, lakukan demi negara kita tercinta, Indonesia ! (AL)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close