People Innovation Excellence

PRESTASI BINUSIAN PADA ASEAN SKILLS COMPETITION KE- X 2014

BINUS UNIVERSITY yang mewakili Indonesia berhasil meraih 4 medali emas, 2 medali perunggu dan 2 Medallion of Excellence pada ASEAN Skills Competition X yang di digelar di National Convention Center, Hanoi, Vietnam pada bulan Oktober 2014.

Kompetisi Keterampilan ASEAN atau Asean Skills Competition (ASC) ke-10 merupakan kompetisi sekaligus arena unjuk kebolehan terhadap penguasaan kompetensi keterampilan kerja berbagai bidang kejuruan oleh para tenaga kerja muda dengan maksimal berusia 22 tahun. Ajang kompetisi ini mempertandingan 25 kejuruan yang diikuti oleh 283 kompetitor/peserta yang berasal dari negara-negara anggota ASEAN yang terdiri dari Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Pada kesempatan ini, Indonesia mengikuti 22 bidang dengan 44 peserta. BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu perwakilan Indonesia, membina dan melatih 5 bidang dengan 2 peserta disetiap bidangnya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini setiap peserta atau competitor diberikan waktu 13 hingga 20 jam untuk menyelesaikan satu materi uji yang dibagi ke dalam tiga hari kompetisi. Pada kompetisi ini, para peserta diharapkan dapat menunjukkan ketrampilan terbaik mereka selama 3 hari berturut-turut.

Dari beberapa bidang kompetisi yang diikuti, BINUS UNIVERSITY berhasil menyumbangkan medali bagi Indonesia. Untuk medali emas diraih oleh Rafidiono Rahmat, mahasiswa DKV semester 9 pada bidang Graphic Design Technology. Rafidiono juga berhasil meraih penghargaan Best of Nation (peserta dengan nilai tertinggi dari Indonesia). Selain itu dibidang yang sama, Aditya Rifai, mahasiswa DKV semester 1 juga berhasil meraih medali emas.

Sementara pada bidang IT Software Solution for Business, BINUS UNIVERSITY meraih 1 medali emas yang diraih oleh Dwi Yoga Dirgantara, mahasiswa Information System semester 1. Pada bidang yang sama, Aditya Ardiya, mahasiswa Computer Science semester 7 meraih Medallion of Excellence.

Selanjutnya, bidang yang BINUS UNIVERSITY bina adalah Mechanical Engineering Design CAD. Muchlis Eko Pambudi berhasil meraih medali emas dan Muhamad Sodikin berhasil meraih Medallion of Excellence. Para peserta ini bukan mahasiswa BINUS UNIVERSITY namun dibina oleh Expert BINUS UNIVERSITY.

Pada bidang Web Design, Ferry Stephanus Suwita berhasil meriah medali perunggu. Dan pada bidang IT Network System Administration, Agus Sasmito Hariawan, mahasiswa Computer Science semester 1 berhasil meraih medali perunggu.

Pencapaian BINUS UNIVERSITY dalam Asean Skills Competition bukanlah yang pertama. Pada 2012 lalu BINUS UNIVERSITY juga pernah meraih 7 medali emas, 2 medali perak dan 1 medali perunggu. Meskipun jumlah medali emas yang diraih menurun, namun kejuaraan ini merupakan pencapaian terbaik BINUS UNIVERSITY saat merebut kejuaraan di kandang lawan Vietnam. Semoga medali yang diraih BINUS UNIVERSITY dapat memotivasi para BINUSIAN untuk terus berkarya di berbagai bidang dan memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi. Komitmen, ketekunan dan disiplin akan menjadi dasar yang kokoh untuk memenangkan sebuah perlombaan. Selamat berkarya BINUSIAN! (AL)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close