BINUS UNIVERSITY

NONSTOP NGODING HACKATHON DI BINUS UNIVERSITY

Startup Asia Jakarta, Hackathon resmi diadakan pada 15 ? 16 November 2014 selama 24 jam nonstop ngoding di BINUS UNIVERSITY. Lebih dari 200 peserta dari seluruh Indonesia ikut meramaikan acara yang dikelolah oleh TECHINASIA.

Hackathon merupakan salah satu kegiatan yang setiap tahunnya diadakan oleh TECHINASIA di 3 negara yaitu Singapura, Tokyo dan Indonesia. Sudah sejak 2011, Hackathon diadakan di Indonesia dan pada 2014, kompetisi coding ini resmi dibuka di BINUS UNIVERSITY. Ini merupakan pertama kalinya bagi TECHINASIA memilih kampus sebagai tempat pelaksanaan Hackaton. ?Pada tahun 2014 ini, kami sengaja memilih BINUS karena kami mendengar nama baik BINUS khususnya dibidang IT sehingga kami yakin dapat mendukung kebutuhan infrastruktur dalam kompetisi ini. Selain itu kami juga ingin mengajak mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, karena kami ingin talenta BINUSIAN tersalurkan dalam acara ini.? Ujar Sabarudin Adinugroho selaku Project Leader dari Hackathon 2014.

Kompetisi coding ini dilakukan selama 24 jam dimana pada waktu-waktu tertentu terdapat challenge yang diberikan oleh Technology Company terkait dengan aplikasi yang akan dibuat. Adapun Technology Company yang berpartisipasi adalah Intel, Skyscanner, Amazon Web Service, Paypol, Tack This, Mig Me dan Jalan Tikus. Kompetisi ini dilakukan pertim dimana 1 tim terdiri dari 3-4 orang untuk membuat/mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat berguna bagi masyarakat.

Tidak hanya kaum professional, untuk generasi muda yang masih sekolah dan kuliah semester awal pun berhak mengikuti kompetisi ini. Seperti Hendry, mahasiswa semester 5 yang mengikuti kompetisi ini, ?Hackathon ini merupakan acara yang sudah saya dengar dari tahun ke tahun. Kebetulan tahun ini ada di BINUS jadi saya dan teman-teman memutuskan untuk ikut kompetisi ini. Sebenarnya ini adalah kesempatan bagi kita untuk membangun relasi dan bisa langsung belajar dari teknisi perusahaan-perusahaan besar. Selain itu sebuah kebanggaan bagi kita untuk bisa mengikuti kompetisi bertaraf Asia seperti Hackathon ini.? Tandas Hendry.

Acara ini merupakan salah satu bentuk fasilitas yang BINUS UNIVERSITY berikan dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi entrepreneur. Mengenal teknologi tersebut dan memanfaatkannya dengan membentuk sebuah startup dapat membawa BINUSIAN untuk sukses menjadi seorang entrepreneur. (AL)