BINUS UNIVERSITY

Menciptakan Ruang Multi Fungsi

Ruang multi fungsi sepertinya menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang tinggal di hunian bersusun seperti apartemen, mengingat keterbatasan luas hunian yang membuat beberapa fungsi ruang akhirnya menyatu dalam sebuah ruangan.

Ruang multi fungsi dapat memberikan keleluasaan pada penghuni untuk melakukan segala macam kegiatan dalam satu ruang yang sama. Bisa berwujud ruang makan yang berfungsi juga sebagai ruang belajar atau ruang keluarga yang berfungsi ganda sebagai ruang kerja. Ada juga yang mengoperasikan ruang berkumpul keluarga di lantai atas sebagai ruang tidur tamu. Terlepas dari berapa anggarannya untuk menciptakan ruang multi fungsi, Anda dapat mendesain ruangannya untuk melengkapi gaya hidup Anda sebagai berikut:

Persiapan

Mulailah dengan membersihkan salah satu ruang di rumah Anda dari dekorasi sebelumnya, dengan tujuan untuk mendapatkan ekstra ruang serta singkirkan wallpaper yang masih melekat untuk mendapatkan efek lega pada ruangan. Barang-barang yang sepertinya cukup memakan tempat cukup banyak namun memiliki fungsi hanya satu, coba Anda donasikan atau jual sehingga tidak sia-sia.

Pemilihan furniture

Pilihlah furnitur yang menawarkan berbagai macam fungsi. Seperti memilih sofa bed karena dapat berfungsi sebagai tempat duduk dan tempat tidur untuk tamu. Ketika memilih meja, pilihlah dengan ketinggian yang dapat digunakan untuk berbagai fungsi seperti untuk menulis atau drawers untuk tamu.

Skema Warna

Pilih warna netral untuk ruangan. Gantung foto, lukisan atau poster yang menarik dan memiliki skema warna yang sama dengan ruangan Anda yaitu yang netral dan santai. Jauhkan dekorasi dinding dari kesan ramai sehingga dapat menimbulkan kesan berantakan.

Lantai

Pilih penutup lantai dari karpet atau kayu, karena kedua material ini dapat lebih diterima untuk berbagai macam fungsi ruangan. Karena efek yang ditimbulkan hangat dan nyaman. Pilih karpet dan dan kayu yang berkualitas baik, karena ruang multi fungsi akan sering dipakai sehingga ketahanan materi penutup lantai sangat diperlukan.

Lemari rak

Masukkan lemari dengan rak rak di berbagai sudutnya agar dapat menyimpan berbagai keperluan pada ruangan seperti buku, bantal, pakaian, tas, koper sesuai fungsi ruangan yang Anda akan gabungkan dalam satu ruangan tersebut.

Sumber :

http://marketplus.co.id/2014/07/menciptakan-ruang-multi-fungsi/