BINUS UNIVERSITY

KIJANG INITIATIVES FORUM BINUS UNIVERSITY

Kijang Initiatives Forum adalah forum akademik untuk mendiskusikan ide-ide dan gagasan mengenai politik global dan hubungan internasional kontemporer. Forum yang terbentuk dari kerjasama jurusan Hubungan Internasional BINUS UNIVERSITY dengan Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia ini telah banyak mengundang praktisi hubungan internasional dari Singapura, Jepang, Australia, dan Eropa. Pada Kamis (28/8), penyelenggara mengundang pembicara dari Washington DC, Amerika, yaitu Dr. Satu P. Limaye selaku Direktur East-West Center yang bertempat di Ruang M2B, Kampus Syahdan, BINUS UNIVERSITY.

Pada kesempatan ini, Dr. Limaye menggarisbawahi perbedaan kondisi di Asia Tenggara sebagai faktor determinan dalam hubungan Indonesia dengan AS. ?Ekonomi Indonesia saat ini berkembang dengan pesat dan menjadi negara penting dalam politik global khususnya di Asia oleh karenanya ke depan pola hubungan yang akan dominan adalah melalui pendekatan kawasan bukan hanya hubungan bilateral?, ujar Dr. Limaye. Irisan keterlibatan AS dengan Indonesia di kawasan Asia Pasifik semakin besar seiring semakin berkembangnya organisasi-organisasi kawasan.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Tirta Mursitama, selaku Kepala Departemen Hubungan Internasional, BINUS UNIVERSITY. Tirta mengatakan bahwa Indonesia akan semakin terintegrasi dalam ekonomi politik kawasan dan global.

Acara ini dihadiri oleh faculty member Hubungan Internasional. Semoga melalui acara ini, hubungan yang terjalin antara Indonesia dan Amerika akan semakin baik dan para faculty member dapat bertambah wawasannya. (AL)