Networking adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki anak muda untuk sukses di dunia kerja. Dengan networking, kita bisa mengenal para profesional di bidang yang kita tekuni, belajar dari mereka, dan mungkin saja mendapat lowongan pekerjaan.

Kebanyakan orang memulai jaringan profesional mereka ketika mulai bekerja. Namun, kemampuan networking sebaiknya mulai diasah sejak masih duduk di bangku kuliah. Misalnya dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana menjalin relasi, tidak hanya sebagai ajang selfie.

Salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan networking adalah LinkedIn. Di sini, kita bisa membangun jaringan profesional dengan orang-orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan.

Nah, dari sedikitnya tiga juta anggota LinkedIn di Indonesia, ternyata alumni dari enam kampus ini termasuk banyak dan aktif di situs tersebut. Dikutip dari keterangan tertulis LinkedIn, Kamis (14/8/2014), kampus dengan alumni yang rajin networking itu adalah:

1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
4. Universitas Padjadjaran (Unpad)
5. Universitas Bina Nusantara (Binus)
6. Universitas Trisakti

Networking pada dasarnya adalah membangun hubungan dengan para kolega dan profesional di bidang kerja Anda. Networking bisa dilakukan secara online seperti melalui media sosial maupun secara tatap muka. Jamuan makan siang, makan malam atau konferensi adalah ajang yang tepat untuk networking. [Okezone]

Sumber :

http://theglobejournal.com/Sosial/ini-kampus-yang-paling-rajin-networking/index.php