BINUS UNIVERSITY

MENJADI DOSEN BINUS UNIVERSITY YANG MEMILIKI PASSION

Menjadi seorang pengajar bukanlah pekerjaan yang mudah. Seorang pengajar harus mampu membagikan ilmu yang dimilikinya kepada peserta didiknya. Selain menjelaskan secara teori, menjadi seorang pengajar juga harus memiliki wawasan yang luas sehingga dapat mengaplikasikan ilmu teori tersebut dalam permasalahan yang nyata. Selain itu seorang pengajar juga harus mampu menguasai kelasnya dan bisa diteladani oleh para peserta didiknya.

Apabila menjalankan tugas tersebut tidak dilakukan berdasarkan passion, maka individu yang dididik pun tidak akan berhasil. Hal inilah yang menjadi landasan School of Computer Science (SoCS) mengadakan sharing knowledge yang bertajuk ?Aligning Your Passion and Your Dream? dan menghadirkan Wikaria Gazali, S.Si.,MT, salah satu dosen menginspirasi yang mendapatkan Distinguished Service Award 2014.

Acara ini diikuti oleh dosen SoCS dan beberapa karyawan lainnya yang tertarik pada topik ini. Sharing knowledge yang diadakan pada Senin (21/7) ini menjelaskan lebih detail lagi mengenai catur dharma. Setiap faculty member di perguruan tinggi biasanya akan mendapatkan tri dharma yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sebagai pendidik. Namun BINUS UNIVERSITY memberi kebijakan yang berbeda dengan menambahkan satu nilai lagi dan menjadi catur dharma.

Adapun yang terdiri dalam catur dharma adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan diri. Wikaria menjelaskan catur dharma tersebut melalui pengalaman beliau selama mengajar sehingga bisa menjadi tips and trick bagi para peserta. Salah satu tanggung jawab pengajar adalah bagaimana ilmu yang sudah dibagikan itu dapat dipelajari lagi oleh peserta didiknya. Salah satu metode yang digunakan Wikaria adalah dengan membagikan materi tersebut melalui media sosial facebook, bisa juga dibagikan melalui BINUSMAYA yang juga merupakan fasilitas pendukung bagi mahasiswa di bidang akademik.

Melalui sharing knowledge ini diharapkan para pengajar dapat lebih memahami kondisi kelas serta perkembangan jaman sekarang ini sehingga dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai media utnuk mengajar. ?Semoga para peserta acara ini khususnya para dosen dapat membagikan ilmu yang dimilikinya kepada peserta didik untuk menciptakan generasi yang lebih baik?, tutup Wikaria. (AL)

Download : MENJADI DOSEN BINUS UNIVERSITY YANG MEMILIKI PASSION