People Innovation Excellence

Seminar Ilustrasi Digital “The Anatomy of Valuable Artist” di Jurusan GAT Binus University

Jakarta (8/4/14) – Carrot Academy. Seminar Ilustrasi Digital digelar  Jurusan GAT (Game Application Technology) Binus University dengan mengundang pembicara dari Carrot Academy. Seminar ini diselenggarakan di Exhibition Hall Binus University Kebon Jeruk pada pukul 10.00 hingga selesai.

Seminar dibawakan oleh Nathanael Putra Adi S aka Artupida dan didampingi oleh Budhi Pramana dengan materi  The Anatomy of  the Valuable Artist. Artupida juga berbagi pengalamannya selama berkecimpung di dunia industri kreatif. Suka duka di dunia industri yang berperan membentuk kesuksesannya sekarang ini. Materi The Anatomy of  the Valuable Artist berisi bahasan  tentang bagaimana membentuk skill dan mental seorang artist agar menjadi valuable artist danmampu mengembangkan potensinya agar diperhitungkan dalam dunia industri kreatif secara profesional. Artupida juga memperkenalkan dan menjelaskan tentang Carrot Academy, bagaimana komunitas yang didirikan pada tahun 2008 tersebut bisa bertahan hingga saat ini.

Seminar dilanjutkan dengan demo digital painting, demo kali ini tentang painting menggunakan teknik Gestalt dalam speed painting. Gestalt adalah menemukan suatu pola atau bentuk dari bentuk awal yang random dan menjadi komposisi/karakter dalam artwork. Gestalt ini penting apabila kita kehabisan ide, atau ingin menemukan ide baru dengan spontan dan random di antara kebosanan ide-ide yang stagnan. Teknik speed painting didemokan untuk menyajikan bagaimana proses digital painting bisa menjadi efisien dengan kecepatan pengerjaan lebih cepat dengan menggunakan trik-trik tertentu seperti penggunaan greyscale di awal painting, menyusun komposisi berdasar aerial perspektif, menggunakan blending mode untuk proses coloring dan dan mengatur value dengan cepat. Inilah step by step dan hasil demo digital painting yang dikerjakan kurang dari 1 jam dengan judul Wrecked Ship:

Menurut Albertus Agung, S.Kom. M.T.I. selaku penanggung jawab seminar, tujuan seminar ini adalah menyebarkan rasa antusias terhadap ilustrasi khususnya pada mahasiswa GAT. Peserta telihat antusias dengan jalannya seminar. Acara diakhiri dengan penyerahan plakat penghargaan dari Binus University kepada Carrot Academy.

Seperti yang di ungkapan oleh Andri yang merupakan salah satu peserta.“Seminar ini sangat bermanfaat sekali, karena saya bisa mendapatbanyak hal, kita bisa tahu Jago itu mitos, karena illustrasi itu bisa diajarkan.  Selain itu menjadi sekedar artist saja tidak cukup akan tetapi kita harus kreatif agar bisa menjadi valuable artist yang bisa bersaing dalam dunia kerja, yang pasti bagian demonya keren habis dah.”

Seorang peserta Ria Chandra juga berbagi testimoninya di Facebook setelah mempraktekkan langsung teknik-teknik yang didapatkannya selama seminar. Ciri-ciri valuable artist ya begini nih, langsung take action:)

Sumber :


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close