People Innovation Excellence

PKPU Bangun Masjid dan Berdayakan Masyarakatnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAWA BARAT – Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU membangun masjid di desa Manis Kidul, Jalaksana, Kuningan Jawa Barat. Pembangunan masjid ke-110 yang dibangun PKPU di seluruh Indonesia ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid, Rabu (2/4/2014).

Dalam pembangunan masjid ini, PKPU mempertemukan donatur yang tulus dengan masyarakat yang membutuhkan. Dengan demikian, penentuan tempat pembangunan masjid benar-benar efektif dan menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kita tidak menghendaki masjid yang dibangun PKPU menjadi almubadziriin yang berarti dibangun tapi terasa sia-sia dan tidak difungsikan masyarakat setempat,” kata ustadz Bramadji Abu Abdurrahman, Penanggung jawab Dakwah & Masjid Lembaga PKPU.

Ustaz Bram mengatakan, pembangunan masjid dilakukan bertahap. PKPU membekali para DKM-nya keterampilan mengelola masjid dan memperdayakan masyarakat sesuai situasi dan kondisi wilayahnya. Dengan demikian masjid berfungsi maksimal, baik sebagai tempat ubudiyah (peribatan), tarbiah (pembinaan) dan ijtimaiyah (kemasyarakatan).

Langkah yang dilakukan adalah selama dua hari 8 & 9 Maret 2014 lalu, PKPU mengadakan Pelatihan Manajemen Masjid angkatan I untuk masjid yang dibangun PKPU di wilayah Bogor dan Depok. Lalu tanggal 26 & 27 April 2014 yang akan datang dilaksanakan di masjid-masjid di wilayah Jakarta, Tangerang & Bekasi.

“Pelatihan akan terus digulirkan PKPU di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan seterusnya,” kata Ustaz Bram. Seluruh peserta memperoleh sertifikat, dan paket buku manajemen masjid seluruhnya gratis tanpa dipungut biaya.

Sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional, PKPU akan bersinergi dengan masyarakat untuk menjadi lembaga terpercaya dalam membangun kemandirian sebagaimana visinya.

“Dan keberadaan masjid-masjid yang dibangun PKPU bisa menjadi salah satu pilar kebaikan yang bisa terus dikembangkan potensinya untuk masyarakat setempat,” katanya.

Sumber :


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close