Untuk mencapai visi A World-class University, universitas di Indonesia berlomba-lomba untuk menyediakan fasilitas dan kualitas terbaik sehingga dapat menciptakan generasi muda yang mampu bersaing di dunia global. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Telkom Indonesia yang menggandeng DETIKNAS, APTIKOM, TEMPO GROUP, dan MDMEDIA untuk memberikan penghargaan kepada perguruan tinggi melalui TeSCA (Telkom Smart Campus). TeSCA adalah sebuah program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan metode ?ZEN Framework? yang akan mengukur beragam komponen mulai dari infrastuktur, aplikasi, sumber daya manusia, hingga komponen kebijakan dan sebagainya.

Setiap perguruan tinggi yang berpartisipasi akan mendapatkan laporan nilai indeks pemanfaatan TIK secara total, berdasarkan indikator atau parameter dan sub parameter, sebagai bahan evaluasi untuk melakukan peningkatan (self assessment). Indikator pengukuran dan standar implementasi yang ditetapkan dalam konsep TeSCA memungkinkan perguruan tinggi memiliki rujukan yang tepat dalam mengembangkan langkah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitasnya secara mandiri melalui pemanfaatan TIK.

Penilaian atau indeks dari Program TeSCA akan sangat membantu pemerintah, melalui Dirjen Perguruan Tinggi Kemendikbud, karena memiliki peta yang cukup komprehensif untuk melihat seberapa besar kesenjangan yang terjadi di setiap perguruan tinggi guna menentukan langkah yang bisa dilakukan dengan program kongkret sebagai langkah perbaikan untuk mengatasi kesenjangan tersebut.

Pada tahun 2013, BINUS UNIVERSITY berhasil menduduki posisi 10 besar dari TeSCA. ?Hal ini merupakan sebuah pengakuan dari industri luar tentang bagaimana BINUS UNIVERSITY berkomitmen untuk mencerdaskan bangsa dan menuju visi BINUS UNIVERSITY sendiri yaitu A World-class University, in continuous pursuit of innovation and enterprise. Evaluasi yang diberikan TeSCA akan menjadi motivasi kami untuk membuat BINUS UNIVERSITY menjadi lebih baik?, ungkap Johan M. Kerta selaku Manager IT Operation BINUS UNIVERSITY. (AL)