BINUSIAN, ternyata menjadi dosen tidaklah mudah seperti yang kita pikirkan. Untuk dapat berkarir di dunia akademik, para pendidik harus melalui tahapan yang serius. Setelah tanggal 10 Mei 2014 akan diterapkan instrumen kenaikan pangkat pendidik yang baru, sehingga bagi para pendidik khususnya dosen yang ingin mengajukan kenaikan pangkat jabatan akademik harus mulai memproses sebelum tanggal tersebut. Instrumen yang baru inipun mendapatkan pro dan kontra dari kalangan pendidik namun ketika keputusan sudah dibuat, maka para pendidikpun tidak ada pilihan lain selain mengikuti peraturan yang berlaku. Hal inipun dilakukan bukan untuk mempersulit pihak manapun tetapi untuk meningkatkan kualitas pendidik di Indonesia. Untuk dapat menciptakan penerus bangsa yang hebat, Indonesia juga memerlukan kualitas pendidik yang hebat.

Merespon hal ini, BINUS UNIVERSITY melalui Lecturer Resource Center (LRC) mengundang beberapa dosen dari beragam jurusan yang ada di BINUS UNIVERSITY untuk mengikuti Sharing Knowledge: Tips & Trick to Lecturer Professional Career from Junior to Prefessor yang diadakan pada Rabu (02/04) di Exhibition hall lantai 3, Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY. Segala upaya dilakukan BINUS UNIVERSITY demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dari melakukan kerjasama dengan universitas luar negeri, perluasan wilayah pendidikan, pengembangan soft skill dan hard skill hingga peningkatkan kualitas dosen.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberi informasi kepada dosen-dosen BINUS UNIVERSITY yang ingin mengembangkan karir di dunia akademik sehingga mereka dapat memahami syarat dan ketentuan untuk kenaikan jabatan akademik. Adapun informasi yang diberikan seputar prosedur dan peraturan negara mengenai pengembangan jabatan dosen serta tips untuk dapat mengembangkan jabatan akademik yang dibawakan oleh Prof. Indah Susilowati dari Universitas Diponegoro. Para dosen ditantang untuk lebih mengembangkan cara mengajar, peningkatan jumlah karya ilmiah (jurnal) dan pengabdian selama masa mengajar.

Diharapkan dengan acara ini dapat lebih menginformasikan sekaligus memotivasi dosen-dosen yang ada di BINUS UNIVERSITY ini untuk terpacu meningkatkan angka kredit kenaikan jabatan akademik dosen. ?Tidak perlu terpaku pada peraturan-peraturan yang diberikan, memang terlihat sulit tetapi pada prosesnya banyak kemudahan untuk mengembangkan karir tersebut. Sekarang ini sudah terdapat jurnal online dan komunikasi dengan peneliti lainnya pun sudah semakin mudah. Tetaplah rajin dan maju terus untuk mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia?, ungkap Indah kepada dosen-dosen BINUS UNIVERSITY. (AL)