People Innovation Excellence

Perkaya Dunia IT, BINUS UNIVERSITY Perbanyak Metode Baru

Sebagai bentuk dari implementasi kerjasama antara BINUS UNIVERSITY dengan ThoughtWorks yang telah dilakukan pada bulan Januari lalu, Jumat (14/04) bertempat di Exhibition Hall lantai 3 Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY bersama ThoughtWork mengadakan join seminar dengan tema Agile Day Jakarta. Acara ini tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa BINUS UNIVERSITY dan para dosen saja, tetapi juga diikuti oleh masyarakat luas serta dari beberapa kalangan industri yang ada di Jakarta.

ThoughtWorks merupakan perusahaan konsultan IT yang menggunakan metode Agile dalam pembuatan software untuk para kliennya dan saat ini ThoughWorks telah memiliki 29 kantor yang tersebar di 12 negara yaitu Australia, Brazil, Canada, China, Ecuador, Germany, India, Singapore, South Africa, Uganda, the United Kingdom, and the United States.

Seminar mengenai Agile Day Jakarta ini diisi oleh orang-orang dari ThoughWorks yaitu Gabriel Gavasso selaku Project Manager & Business Analyst, Liauw Fendy selaku Technical Lead, Sofia Tania selaku Developer, Anshul Garg selaku Technical Lead. Seminar ini membahas mengenai metode Agile, seperti software development dengan menggunakan metode agile, dan semua hal yang berhubungan dengan metode Agile. Selain itu dalam seminar ini Sofia Tania selaku Software Developer dari ThoughtWorks juga menjelaskan mengenai 3 pilar dari ThoughWork yaitu Run a Sustainable Business, Champion Software Excellence and Revolutionize The IT Industry, dan yang terakhir adalah Advocade Passionately for Social and Economic Justice.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan Agile dan kebetulan di Indonesia sendiri metode Agile masih belum banyak dipakai sehingga harapannya semoga dapat menambah ilmu mahasiswa mengenai metode Agile dan semoga kedepannya akan ada kerjasama lagi,” ujar Adrey selaku PIC Agile Day Jakarta.

Selain acara seminar, juga terdapat Round Table and Debate yang mengedepankan komunikasi dua arah  dimana pada acara ini peserta berkesempatan untuk mendengarkan sharing dari orang yang bekerja dengan metode Agile, serta para peserta lain juga dapat memberikan saran atau memberikan pertanyaan seputar metode Agile.

Dalam join seminar ini juga terdapat kegiatan yang dinamakan Coding Dojo dan Lego Game. Peserta yang mengikuti kegiatan Coding Dojo melakukan coding bersama-sama untuk meningkatkan kemampuan dalam hal coding. Sedangkan untuk Lego game merupakan simulasi dari software development sebagaimana yang telah dibahas di awal seminar. “Pelajaran utama dari lego game ini adalah integrasi yang terus menerus, serta interaksi dengan client dan customer sehingga kita tahu apa yang kita buat itu benar-benar bermanfaat untuk mereka bukan yang kita pikir bermanfaat tetapi pada kenyataannya tidak”, ujar Sofia Tania.

“Kita sangat senang bekerjasama dengan BINUS UNIVERSITY karena BINUS UNIVERSITY open minded, selain itu dari segi software development BINUS UNIVERSITY memang terkenal di Indonesia untuk pendidikan IT, dan kita melihat BINUS UNIVERSITY juga terbuka terhadap metode Agile software development yang belum terlalu luas digunakan di Indonesia,” tutup Sofia Tania selaku Software Developer atau Consultant of ThoughtWorks. (FG)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close