People Innovation Excellence

“One Day Cultural Exchange” BINUS UNIVERSITY

Demi meningkatkan pengalaman mahasiswa Sastra Jepang di BINUS UNIVERSITY, Elisa Carolina Marion, M.Si selaku Ketua Jurusan Sastra Jepang mengadakan acara “One Day Cultural Exchange” pada Kamis (13/03), dimana Sastra Jepang BINUS UNIVERSITY mengundang universitas di Jepang untuk datang menceritakan pengalaman belajar di Jepang, dalam acara ini Elisa sensei mengundang Wakayama University.

“Acara seperti ini diadakan sebenarnya untuk memfasilitasi anak-anak yang tidak bisa pergi ke Jepang. Jadi mereka bisa berinteraksi langsung dengan orang Jepang dan berbagi pengalaman belajar dan kebudayaan di Jepang”, jelas Elisa.

Acara yang diadakan selama 1 hari ini dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, Wakayama University melakukan presentasi dan berbagi pengetahuan mengenai kebudayaan Jepang dan bagaimana kehidupan disana. Setelah presentasi, mahasiswa Wakayama University diajak untuk mengelilingi Kampus Anggrek. Sesi pertama ini dilakukan di Exhibition Hall Lantai 3 Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY. Pada sesi kedua, para peserta acara ini pindah ke Kampus Kijang untuk melakukan diskusi kelompok antara mahasiswa BINUS UNIVERSITY dengan Wakayama University. Setelah diskusi kelompok ini, mahasiswa BINUS UNIVERSITY menyiapkan beberapa penampilan mengenai kebudayaan Indonesia diantaranya tari saman, permainan angklung dan persembahan lagu yang dibawakan oleh mahasiswa Sastra Jepang sendiri.

Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Jepang dari semester 1 hingga semester 8, para dosen pun ikut berpartisipasi menyambut kehadiran 15 mahasiswa Wakayama University beserta dosen pendampingnya, Fujiyama Ichiro. “Mahasiswa BINUS UNIVERSITY sangat baik menyambut kami. Dari yang awalnya kami merasa lelah menempuh perjalanan dan tidak bersemangat, tetapi ketika bertemu dengan mahasiswa BINUS UNIVERSITY, mereka menyambut dengan wajah ceria, berbicara aktif membuat kami jadi bersemangat kembali”, ungkap salah satu mahasiswa Wakayama University, Kazuaki Hida. Selain acara yang diadakan satu hari ini, mahasiswa Wakayama University akan tinggal di rumah mahasiswa BINUS UNIVERSITY selama beberapa hari.

“Pertama kali mendengar nama BINUS UNIVERSITY dari kedutaan besar Jepang, mereka mengatakan bahwa saat ini BINUS UNIVERSITY merupakan universitas yang cukup diminati dan terkenal di Indonesia. Melihat hal ini, Wakayama University berpikir kira-kira kerjasama seperti apa yang dapat dilakukan antara Wakayama University dengan BINUS UNIVERSITY. Saat ini Wakayama University berharap akan adanya kepercayaan untuk menjalin kerjasama kedepannya melalui pertukaran pelajar, atau magang”, ujar Fujiyama Ichiro. (AL)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close