People Innovation Excellence

Pembayaran Pakai Ponsel Mulai Dikenalkan di Kampus Indonesia

VIVAnews – Transaksi elektronik melalui ponsel di Indonesia masih belum populer. Namun kondisi itu tidak mengurangi niat PT. Skye Sab Indonesia untuk meluncurkan layanan uang elektronik (e-money) untuk keperluan transaksi komunitas.

Menggandeng Universitas Binus, Skye merilis BEAT (Binus Easy Transaction), sebuah layanan uang elektronik untuk keperluan transaksi komunitas Binus.

“Kami pemakai terbesar untuk sosial media dan chatting, tapi kami harap untuk mobile money dan mobile transaction kita bisa membuat dari dan  untuk Indonesia, bukan hanya jadi konsumen saja,” ujar Kendra Hendro, Managing Director PT. Skye Sab Indonesia, kemarin di Kampus Binus University, Kebon Jeruk, Jakarta.

Kendra menjelaskan layanan BEAT memungkinkan pengguna bertransaksi pembelian pulsa, voucher game, tagihan listrik, TV pra bayar, kartu kredit, tiket kereta sampai keperluan pembayaran terkait kemahasiswaan.

Untuk menggunakan layanan ini pengguna diharuskan mengunduh aplikasi BEAT memindai kode QR BEAT atau mengunduh langsung pada http://www.skye.co.id/beat. Aplikasi ini bisa berjalan pada perangkat BlackBerry sistem operasi 5 ke atas dan Android minimal versi 2.3.6 ke atas. Untuk perangkat iOS, akan menyusul kemudian.

Setelah mengunduh, pengguna diharuskan top-up sejumlah uang melalui transfer ATM, mobile banking maupun mobile internet.”Top-up ini berbasis ponsel,” kata dia.

Setalah sukses Top-up, maka pengguna bisa segera melakukan transaksi dengan modal ponsel saja, di mana saja dengan mudah dan nyaman.

Keamanan Transaksi

Dalam antarmuka aplikasi, ditampilkan beberapa menu utama seperti pembelian, pembayaran, komunitas, kotak pesan, Top up, account, Referensi. Menariknya, untuk menarik penggguna, Skye menyediakan bonus poin untuk tiap kali satu stransaksi.

Kendra mengatakan untuk keamanan transksi, sistem ini sudah terjamin. Sebab layanan Skye ini sudah diakui oleh Bank Indonesia sebagai perusahaan yang menjalankan transaksi lewat mobile.

“Skye termasuk dari 17 perusahaan yang telah mendapat lisensi Bank Indonesia,” kata dia yang memastikan sistem ini telah aman dari fraud.

Dengan transaksi lewat mobile, menurutnya dapat mendukung program cahsless society yang dicanangkan pemerintah. Mobile money juga, kata dia, mengefisiensikan pengeluaran perusahaan dan menekan uang palsu. (eh)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close