Membangun Karakter Seorang Pemimpin untuk Menjadi CIO di masa mendatang

“Mempersiapkan inovasi dan inisiatif bukan untuk saat ini saja, melainkan mempersiapkannya untuk masa yang akan datang”, ungkap Richard Anthony, selaku Managing Director and ex CIO Gunung Sewu Group, dalam acara CIO School pada Sabtu (15/02) di Exhibition Hall, Kampus Anggrek, BINUS UNIVERSITY. CIO School merupakan program baru yang mengumpulkan mahasiswa jurusan IT untuk belajar bersama CIO dan IT Leader yang membahas seputar perkembangan teknologi serta bagaimana menyikapi perkembangan tersebut sehingga menjadi ilmu pengetahuan yang baru dalam bidang IT dan bisnis.

Dalam seminar kali ini, para CIO menjelaskan bagaimana peran teknologi dapat menolong berbagai permasalahan dalam menjalankan bisnis perusahaan. Selain itu, bagaimana cara teknologi tersebut dapat membuat sesuatu yang berbeda dalam menjalankan kegiatan perusahaan agar lebih fleksibel dan mampu memberikan informasi yang cepat kepada konsumen atau pelanggannya.

Menjadi seorang Chief Information Officer (CIO) di suatu perusahaan, terdapat beberapa skill yang harus dimiliki, diantaranya bagaimana cara membangun strategi kepemimpinan dalam bisnis, memiliki wawasan yang luas, memiliki inovasi yang dapat membangun pola pikir, serta mengetahui kebutuhan apa yang terpenting saat ini bagi masyarakat dalam hal penyampaian informasi. Dengan melatih skill tersebut, maka kita dapat menyiapkan berbagai strategi bukan hanya saat ini, melainkan untuk masa yang akan datang. Selain melatih skill yang dimiliki, karakter seorang pemimpin selalu dipertanyakan sebelum layak menjadi seorang pemimpin yang sukses dan berkarisma dalam satu lingkup perusahaan.

Tanggung jawab seorang pimpinan tidak hanya memberikan perintah ataupun mengontrol bawahannya saja, melainkan dapat memberikan pengaruh kepada bawahannya sehingga dapat membentuk suatu pola pikir yang berwawasan luas dan memberikan dampak positif bagi perusahaan. Tidak cukup melatih hard skill untuk menjadi seorang CIO di masa mendatang. Butuh keseimbangan antara hard skill dan soft skill. Soft skill meliputi kreatifitas, berkeinginan untuk berusaha melakukan yang terbaik, mampu berkomunikasi dengan baik, memperlihatkan penjelasan nilai-nilai yang mempercepat menuju kesuksesan, kejujuran serta konsistensi. (JR)

Download : Membangun Karakter Seorang Pemimpin untuk Menjadi CIO di masa mendatang

Leave Your Footprint

Gabung BINUS

Call Service

(021) 53696969

(021) 53696999

Copyright © BINUS UNIVERSITY. All rights reserved.