BINUS UNIVERSITY

Anies: Pemerintah Harus Tegas Berdiplomasi dengan Australia

JAKARTA, KOMPAS.com– Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan menyatakan, pemerintah seharusnya bersikap tegas terhadap pemerintah Australia. Menurut dia, pemerintah Australia saat ini tidak lagi sebersahabat sebelumnya.

“Berikan sikap yang tegas. Jangan sungkan. Pemerintahnya (Indonesia) harus tegas. Katakan, ‘kita ini tetangga seumur hidup. Baik-baiklah’,” ujar Anies di Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat, Sabtu (8/2/2014).

Ia mengatakan, posisi Indonesia dengan Australia bukan sekadar hubungan liberal yang didasarkan kepentingan tertentu. Indonesia dan Australia adalah negara tetangga.

“Hubungan antarbangsa Indonesia dan Australia sangat baik. Tapi tidak demikian dengan hubungan antarnegara,” kata dia.

Ia tidak mengomentari soal pengusiran warga negara indonesia pencari suaka di Australia. Anies hanya menyatakan, sebaiknya pemerintah tidak diam saat warga negara dan kedaulatan negara diperlakukan tidak baik.

“Kan banyak cara diplomasi. Setidaknya, jangan diam saja. Angkat bicara,” kata bakal calon presiden Partai Demokrat itu.

Sebelumnya, Angkatan Laut Australia menghalau 45 imigran gelap asal Timur Tengah yang hendak ke perairan Australia lalu diarahkan kembali ke perairan Indonesia dan berujung ke Ndao, NTT.

Tindakan AL Australia itu merupakan implementasi dari kebijakan PM Tony Abbott untuk menghalau para pencari suaka ke wilayah Indonesia (boat turnback policy).