BINUS UNIVERSITY

Mahasiswa BINUS Belajar Budaya Korea

Kebudayaan merupakan suatu kekayaan yang dihasilkan oleh suatu daerah atau negara atas inovasi setiap manusia sesuai dengan bakat dan minat setiap manusia. Kebudayaan tersebut dapat berupa seni musik, olahraga, tarian, drama, hingga makanan khas dari suatu negara. Dari hasil kebudayaan tersebutlah suatu negara memiliki suatu ciri khas yang menjadi identitas yang dapat dikenal oleh seluruh masyarakat dunia. Selain itu, setiap masyarakat perlu mengenal kebudayaan masyarakat lainnya guna menjalin kerjasama yang baik serta membina hubungan yang harmonis dengan masyarakat yang memiliki kebudayaan yang berbeda.

Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan memiliki beragam kebudayaan yang unik dari setiap provinsi yang ada. Kebudayaan yang dihasilkan oleh setiap daerah di Indonesia, dapat dijadikan sebagai suatu kesempatan bagi daerahnya untuk menarik wisatawan untuk datang berkunjung di daerahnya. Selain berkunjung di obyek wisata dan mencicipi berbagai makanan yang memiliki cita rasa yang unik, wisatawan baik lokal maupun asing juga dapat ikut mempelajari kebudayaan daerah setempat sehingga wisatawan memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru.

Di dalam dunia pendidikan, setiap institusi pendidikan yang ada di Indonesia, dituntut untuk memperkenalkan serta mempelajari berbagai kebudayaan yang ada, baik kebudayaan di Indonesia, maupun kebudayaan mancanegara. BINUS UNIVERSITY melalui Fakultas Humaniora program studi Hubungan Internasional, berusaha untuk memberikan bimbingan kepada setiap mahasiswa mengenai bagaimana cara untuk membina hubungan kerjasama yang baik dengan negara dalam bidang ekonomi, politik, maupun kebudayaan. Melalui visi BINUS UNIVERSITY sebagai A World-class university, in continuous pursuit of innovation and enterprise, tentunya visi tersebut selain menciptakan suasana pendidikan yang berkelas dunia, BINUS UNIVERSITY berusaha untuk mempersiapkan mahasiswanya untuk siap memasuki tantangan di dunia global.

Suatu kehormatan bagi BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu perguruan tinggi terpilih untuk mendapatkan kunjungan mahasiswa dari universitas di Korea untuk sama-sama memperkenalkan serta mempelajari kebudayaan dari kedua negara melalui acara Understanding Asian Culture pada Rabu (22/01/14) di Kampus Kijang, BINUS UNIVERSITY. Pada acara ini, Mahasiswa Korea menampilkan beberapa atraksi dari kebudayaan mereka diantaranya dalam bidang seni tari, seni musik, seni pentas, hingga seni beladiri yang khas dari Negara Korea yang disebut Taekwondo.

“Dengan mengetahui kebudayaan dari kedua negara, diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi mahasiswa BINUS UNIVERSITY mengenai kehidupan di negara Korea serta pola pengajaran di universitas mereka. Untuk kedepannya, diharapkan mahasiswa BINUS UNIVERSITY dapat memahami wilayah suatu negara dari aspek ekonomi, politik dan kebudayaan”, ungkap Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., MM., Ph.D selaku Head of Department – International Relation. (JR)