People Innovation Excellence

Mempertahankan Pencapaian Suatu Prestasi merupakan Suatu Kewajiban

Perguruan Tinggi merupakan suatu lembaga atau institusi pemerintah yang bergerak dalam penyediaan sarana Pendidikan bagi masyarakat. Setiap ilmu pengetahuan yang diberikan kepada masyarakat, tentunya institusi selalu memperhatikan kualitas ilmu pengetahuan tersebut. Selain itu, relevansi dari ilmu pengetahuan terhadap perkembangan teknologi tersebut masih bisa diterima atau memerlukan suatu  perubahan terhadap kualitas dari ilmu pengetahuan tersebut.

BINUS UNIVERSITY, sebagai salah satu universitas swasta unggulan di Indonesia, memiliki  visi A World-class university, in continuous pursuit of innovation and enterprise. Visi tersebut merupakan suatu tanggung jawab yang perlu diberi perhatian khusus oleh  BINUS UNIVERSITY dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi setiap mahasiswa sesuai dengan kemajuan perkembangan teknologi saat ini.  Berbagai bentuk upaya yang dilakukan dalam mempertahankan kualitas pendidikan semata untuk mempersiapkan para mahasiswanya agar siap bersaing dalam dunia global. Berbicara mengenai perkembangan dunia teknologi, Fakultas Teknik jurusan Sistem Komputer selalu siap dan berani melihat perjalanan perkembangan dunia teknologi hingga saat ini. Selain mempersiapkan strategi dan menyusun kurikulum yang tepat, tak lupa setiap jurusan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, selalu memperhatikan dan mempertanyakan mengenai nilai akreditasi yang akan didapatkan.

Berkat kerjasama dan dukungan penuh yang diberikan oleh BINUS UNIVERSITY, jurusan Sistem Komputer, berhasil memperoleh kembali Akreditas Peringkat A oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diresmikan secara langsung pada bulan Desember yang lalu. Merupakan pencapaian yang patut kita syukuri dan banggakan atas pengakuan pemerintah akan jurusan Sistem Komputer (SK), BINUS UNIVERSITY. Banyak tahapan proses yang harus dilaksanakan untuk mendapatkan akreditasi tersebut.

Secara singkat, proses tahapan penilaian akreditasi tersebut meliputi aspek relevansi (Relevancy) merupakan tingkat keterkaitan tujuan maupun hasil/keluaran program studi dengan kebutuhan masyarakat di lingkungannya maupun secara global. Suasana Akademik (Academic Atmosphere) menunjukkan iklim yang kondusif bagi kegiatan akademik, interaksi antara dosen dan mahasiswa, antara sesama mahasiswa, maupun antara sesama dosen untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Pengelolaan Institusi (Institutional Management) yang mencakup Kelayakan (Appropriateness) dan Kecukupan (Adequacy). Keberlanjutan (Sustainability) mancakup Keberlanjutan (Sustainability) dan Selektivitas (Selectivity). Dimana Keberlanjutan menggambarkan keberlangsungan program yang dijamin oleh ketersediaan masukan, aktivitas pembelajaran, maupun pencapaian hasil yang optimal. Efisiensi (Efficiency) yang mencakup Efisiensi (Efficiency), Efektivitas (Effectiveness) dan Produktivitas (Productivity). Dimana Efisiensi menunjuk tingkat pemanfaatan masukan (sumberdaya) terhadap hasil yang didapat dari proses pembelajaran, dan Efektivitas adalah tingkat ketercapaian tujuan program yang telah ditetapkan yang diukur dari hasil/keluaran program, sedangkan Produktivitas menunjukkan tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan dalam memanfaatkan masukan.

Dengan melewati tahapan aspek dengan hasil yang terbaik, maka diputuskan bahwa jurusan Sistem Komputer BINUS UNIVERSITY layak mendapatkan Akreditasi A sebagai  fakultas dan jurusan yang berhasil mengelola program studi dengan baik dan maksimal. Akreditasi ini berlaku selama 5 tahun, mulai dari sejak tanggal ditetapkan dalam sertifikat akreditasi tersebut yang secara resmi dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN – PT). Akreditasi tersebut akan dievaluasi dan diperbaharui setelah masa berlaku periode akreditasi telah habis. Oleh karena itu, hal ini merupakan suatu tanggung jawab besar dan bisa dikatakan sebagai kewajiban mutlak bagi jurusan Sistem Komputer untuk  mempertahankan kualitas kurikulum yang diberikan serta menatap arah perkembangan teknologi global.

Peningkatan kualitas pendidikan dan perkembangan dari setiap jurusan itu harus bersifat long term. Berkembang tidak hanya semata bersifat sebagai suatu syarat yang penting berkembang, namun berkembang disini terkait bagaimana jurusan Sistem Komputer dapat berkembang dan mampu memberikan Pendidikan yang terbaik. “Mendapat Akreditasi A merupakan kewajiban yang patut kita capai dan membuat target kita selanjutnya untuk berpikir, bertindak, dan menatap bagaimana cara kita mempertahankan yang sudah dicapai saat ini, serta melihat arah perkembangan pendidikan dan teknologi dunia saat ini”. Ungkap Dr. Ho Hwi Chie, M.Sc. selaku Dean of Faculty of Engineering. (JR)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close