Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi atau biasa disebut BAN-PT merupakan  lembaga atau institusi non-departemen yang bernaung di bawah departemen pendidikan Indonesia yang mempunyai wewenang dalam menilai mutu pendidikan setiap program studi yang terdapat di dalam universitas.  Dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia untuk tingkat perguruan tinggi, lembaga ini akan mengevaluasi mengenai kinerja seluruh program studi yang ada di setiap universitas setiap lima tahun sekali sesuai dengan hasil surat keputusan dari lembaga tersebut. Hasil dari evaluasi tersebut akan diproses menjadi suatu output nilai yang disebut akreditasi.

Sebagai salah satu universitas swasta unggulan di Indonesia yang memiliki visi A World-class university, in continuous pursuit of innovation and enterprise, BINUS UNIVERSITY selalu memperhatikan kinerja dan perkembangan setiap program studi yang ada. Hal ini dilakukan oleh BINUS UNIVERSITY untuk terus meningkatkan mutu pendidikan yang diberikan kepada masyarakat. Pengakuan secara nasional melalui akreditasi sangat diperlukan bagi setiap program studi, khususnya program studi Sistem Informasi untuk mengetahui sejauh mana kinerja mereka dalam dunia pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Proses akreditasi  yang  dilakukan  oleh lembaga tersebut selain menilai hasil kinerja setiap program studi yang ada, BAN-PT juga mengevaluasi dari hasil pengamatan secara langsung mengenai kinerja program studi tersebut dalam memberikan pelayanan pendidikan dan menentukan kelayakan mutu kepada program studi untuk mendapatkan akreditasi yang akan diakui secara nasional. Mekanisme tahapan dalam proses akreditasi dimulai dengan penyusunan dokumen dalam bentuk borang. Borang merupakan kumpulan data-data administrasi dari suatu program studi. Dari dokumen yang dikirimkan ke BAN-PT akan dilanjutkan dengan proses evaluasi, dan dari hasil evaluasi tersebutlah yang akan menentukan layak atau tidak program studi mendapatkan akreditasi.

Atas Rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang didukung oleh kerja keras, pengabdian yang tulus, serta dukungan nyata sepenuhnya oleh setiap bisnis unit yang ada maka pada akhir bulan Desember yang lalu, program studi Sistem Informasi berhasil mendapatkan Akreditasi A oleh BAN-PT. Suatu pencapaian kesuksesan dan acungan jempol yang patut dibanggakan oleh program studi Sistem Informasi. Selama 32 tahun berkarya di dunia pendidikan dengan penuh semangat juang, program studi yang sebelumnya bernama Managemen Informasi dan berubah nama secara nasional menjadi Sistem Informasi pada tahun 1993 ini pada akhirnya terbayar dengan mendapatkan Akreditasi A.

“Dengan mendapatkan Akreditasi A, diharapkan program studi Sistem Informasi dapat memberikan motivasi bagi program studi lainnya yang ada di BINUS UNIVERSITY untuk tetap semangat dalam mempertahankan prestasi yang sudah diraih dengan mendapatkan Akreditasi A. Bagi program studi yang belum mendapatkan Akreditasi A, jangan pernah berhenti berharap dan teruslah berjuang untuk mendapatkan Akreditasi A”, ungkap Johan, S.Kom., MM selaku Dean of School of Information Systems. (JR)