BINUS UNIVERSITY

Kesederhanaan yang Menghasilkan Prestasi Hingga Mencetak Rekor MURI

Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang selalu berlandaskan kepada suatu prinsip People. Innovation. Excellence, BINUS UNIVERSITY selalu berusaha untuk mendorong para BINUSIAN untuk selalu berinovasi untuk mencapai prestasi yang excellence. Prestasi tersebut tidak hanya dalam bidang akademik, melainkan juga dalam bidang non – akademik, seperti permainan yang sering kita mainkan sehari – hari. Hal ini dibuktikan dengan hasil karya BINUSIAN yang sangat menginspirasi serta mendidik masyarakat dalam hal permainan.

Berangkat dari pemikiran yang sederhana dengan memadukan konsep tradisional dan teknologi informasi yang berkembang hingga saat ini, mahasiswa BINUS UNIVERSITY jurusan Teknik Informatika , berhasil menggabungkan kedua konsep tradisional dengan konsep berbasis teknologi, menjadi suatu karya inovasi permainan yang interaktif dan juga menambah pengetahuan dalam bidang teknologi khususnya perangkat komputer yang sering kita gunakan.

Permainan ular tangga, itulah yang menginspirasi BINUSIAN khususnya jurusan Teknik Informatika untuk berani melakukan terobosan baru dalam permainan tradisional tersebut. Berkat kerjasama serta dukungan penuh dari BINUS UNIVERSITY, maka permainan ular tangga tersebut dapat dibuat dengan panjang 25 meter dengan jumlah petak hingga 125 petak. Tidak hanya unggul dalam panjang ular tangga tersebut tetapi juga di dalam permainan ular tangga tersebut berisikan mengenai informasi – informasi seputar dunia teknologi komputer dan sosial media, yang kebanyakkan orang awam tidak mengetahuinya.

Dengan hasil karya tersebut, maka BINUS UNIVERSITY berhasil mencetak  rekor MURI dengan kategori “Ular Tangga Terpanjang” di Indonesia. Piagam rekor MURI tersebut ditandatangani oleh Bapak Jaya Suprana, selaku Ketua Rekor MURI Indonesia.

Pada malam penganugerahan Rekor MURI yang disusun dalam acara Euphoria pada Jumat (13/12) di Sky Garden, Mall Living World, Alam Sutera, hadir pula Bapak Drs. Andreas Chang, MBA, selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development. Beliau secara langsung memberikan selamat kepada BINUSIAN yang berhasil mendapatkan rekor MURI atas hasil karya yang mereka hasilkan. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan BINUS UNIVERSITY serta seluruh BINUSIAN yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan hasil karya ini hingga berhasil meraih rekor MURI”. Ungkap Laksamana, selaku ketua panitia Euphoria.

“Mencari dan menemukan inovasi tersebut sangatlah mudah, namun yang menjadi kendala terbesar dalam berinovasi adalah bagaimana cara kita dapat menginterpretasikan inovasi yang kita miliki menjadi suatu hasil karya yang inovatif serta dapat memberikan unsur edukasi kepada masyarakat yang membuat mereka menjadi terinspirasi melalui hasil karya kita”. Ungkap Bapak Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom. selaku Dean of School of Computer Science. (JR)