People Innovation Excellence

Situs Pemerintah Sering Diserang Hacker Indonesia Sendiri

JAKARTA – Berbagai situs pemerintah Indonesia dilaporkan kerap menjadi korban serangan hacker, sedikitnya dalam hitungan waktu tujuh hari. Namun menariknya hacker yang menyerang situs pemerintahan Indonesia itu adalah anak negeri sendiri.

Berdasarkan laporan dari Indonesia Computer Emergency Respon Team (ID-CERT), situs pemerintahan kerap diserang hacker setiap minggu. Berdasarkan analisa salah seorang peneliti di ID-CERT, Ahmad Alkazimy, hacker itu berasal dari Indonesia. Sedangkan serangan malware kebanyakan datang dari luar negeri. “Malware banyak datang dari Amerika dan Kanada,” kata Ahmad kepada Okezone, Senin (18/11/2013) kemarin.

Namun demikian, salah satu hacktivist di Indonesia mengakui penyerangan tersebut memang kerap dilakukan oleh hacker dari Indonesia sendiri. Hacker yang tergabung dalam komunitas Binus Hacker itu mengatakan hal tersebut dilakukan hanya untuk melakukan pengetesan sekuritas situs pemerintahan.

“Pihak internal (hacker Indonesia) memang banyak yang melakukan pengetesan terhadap situs pemerintah. Dan ternyata sistem pemerintahan Indonesia ini banyak yang tidak update di sisi teknologi dan sekuriti,” jelas hacker yang tak ingin disebutkan namanya. Ia melanjutkan, pengetesan ini dilakukan bukan untuk merusak, melainkan hanya mengingatkan agar pemerintah meningkatkan sistem keamanannya. (amr)

Sumber : http://techno.okezone.com/read/2013/11/19/55/899350/situs-pemerintah-sering-diserang-hacker-indonesia-sendiri


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close