Pada tanggal 23 Oktober 2013, BINUS UNIVERSITY menerima kedatangan Prof. Trevor Day, Pro Vice-Chancellor, Faculty of Science Engineering and Built Environment dari Deakin University Australia; Prof. K Baskaran, Associate Dean (International), Chair in Civil Engineering; Lina Darliana Oktara, Country Manager of Deakin International; dan Rudy Rosadi, Business Development Manager of Deakin International. Rombongan delegasi dari Australia ini dengan hangat disambut oleh Lily Manoharan, Director of BINUS Global; Freddy Purnomo, Dean of School – Computer Science; Meilani, Deputy Head of Department – Civil Engineering; Michael Yoseph Ricky, Head of Program – Game Application & Techology; Afan Galih Salman, Head of Program – Mobile Application & Techology; dan Santy, Internationalization & Partnership Program Coordinator; dan juga sejumlah staf BINUS UNIVERSITY lainnya.

Kedua pihak membicarakan proyek kolaborasi potensial, seperti program pertukaran mahasiswa, dual degree, dan juga proyek kerjasama riset yang melibatkan Sekolah Ilmu Komputer dan Fakultas Teknik Sipil.

Prof. Trevor Day, Prof. K. Baskaran dan Ibu Lily Manoharan kemudian menandatangani Nota Kesepakatan (MOU) antara kedua universitas. Penandatangan ini menandai resminya kerjasama antara BINUS UNIVERSITY dan Deakin University. Kedua belah pihak akan mempromosikan dan meningkatkan kerjasama dan komunikasi mereka melalui beragam metode, seperti mempromosikan program pertukaran fakultas dan mahasiswa, program kerjasama riset, mengorganisir kuliah dan konferensi akademis, dan bentuk kolaborasi yang lain.

Didirikan di tahun 1974, Deakin University adalah sebuah universitas yang didanai oleh Pemerintah Australia. Deakin University adalah salah satu universitas utama di Australia yang memiliki fasilitas teknologi tinggi dan arsitektur kampus yang mengesankan. Dengan mengangkat nilai tradisional yang menekankan pada keunggulan dalam pendidikan dan riset, Deakin University telah berhasil membangun reputasinya sebagai pusat studi yang berhasil menggabungkan dua aspek tersebut. Karakter pendidikan yang dibangun Deakin University menantang metode pendidikan konvensional, dan hasilnya adalah metode baru dalam membangun dan menghantarkan mata kuliah dan ilmu pengetahuan. Gelar yang didapatkan dari Deakin University diakui di universitas-universitas di dunia dan asosiasi profesi yang relevan di Australia. Dalam beberapa tahun terakhir, metode mengajar Deakin semakin diakui dengan universitas ini memenangkan beragam penghargaan nasional, termasuk Award for Teaching Excellence tingkat nasional dan juga Australian University of the Year sebanyak dua kali. Di tahun 2013, Deakin University dianugerahi QS 5-Star Rating for Excellence oleh organisasi pemeringkat universitas Quacquarelli Symonds (QS).