People Innovation Excellence

ACM – ICPC 2013

BINUS UNIVERSITY Menyelenggarakan :
ACM International Collegiate Programming Contest 2013
Asia Jakarta Regional Contes

Dalam setiap tahunnya Association for Computing Machinery atau yang biasa disebut dengan ACM selalu menyelenggarakan International Collegiate Programming Contest atau disebut ICPC. ICPC merupakan lomba pemrograman komputer tingkat dunia. Setiap universitas yang ingin mengikuti ICPC ini diwajibkan mengikuti babak penyisihan tingkat regional, yang dimana para pemenang tingkat regional tersebut akan menjadi finalis dari ICPC.

BINUS UNIVERSITY telah mengikuti kegiatan ini sejak tahun 1996 dan pertama kalinya masuk final dunia pada tahun 1997. Dan pada tahun 2013 kali ini Indonesia melalui BINUS UNIVERSITY kembali diberikan kepercayaan oleh ACM ICPC headquarter untuk menjadi tuan rumah ACM ICPC Asia – Jakarta Regional Contest untuk yang kelima kalinya.

Untuk acara pembukaan dari ACM ICPC ini diadakan di Auditorium lt.4 – Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY pada Rabu (23/10). Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. C J Huang selaku ACM ICPC Asia Director, Fredy Purnomo, S.Kom., M.Kom selaku Dean of School Computer Science BINUS UNIVERSITY yang juga merupakan Regional Contest Director dan juga Drs.Andreas Chang, MBA selaku Vice Rector Student Affairs & Community Development BINUS UNIVERSITY.

Acara ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai dari Rabu (23/10) sampai dengan Jumat (25/10). Untuk hari pertama acara lebih didominasi dengan acara penyambutan peserta, acara pembukaan dan juga sesi uji coba. Untuk hari kedua merupakan acara puncak dari ACM ICPC, yang dimana masing-masing tim bertanding selama 5 jam tanpa henti (nonstop) untuk menyelesaikan 10 soal yang telah disediakan. Untuk acara ini dikenal juga dengan sebutan “The Battle of Brains”. Dan pada hari ketiga terdapat kegiatan excursion untuk para peserta, kegiatan excursion merupakan rangkaian acara rekreasi ke beberapa tempat wisata di sekitar Jakarta.

Acara ACM ICPC kali ini secara keseluruhan diikuti oleh 63 tim dari 23 universitas yang ada di Asia dan Indonesia. Dalam hal ini 50 tim berasal dari 14 universitas di Indonesia yang diambil dari Top 50 Indonesia National Contest yang telah diadakan pada Minggu (13/10) lalu. Sedangkan peserta yang dari luar Indonesia terdapat 13 tim dari 6 negara, seperti Malaysia, Hongkong, Thailand, Taiwan, Singapore dan juga Philipina. (Baby Maria)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close