People Innovation Excellence

Pengalaman Kerja Sebelum Lulus Makin Penting

JAKARTA, KOMPAS.com — Selama ini, banyak lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bahkan lulusan perguruan tinggi yang kesulitan mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, mereka belum memiliki pengalaman kerja yang memadai.

Banyak alasan seseorang belum memiliki pengalaman kerja saat lulus perguruan tinggi. Salah satunya, kesulitan memperoleh tempat untuk magang. Oleh karena itu, pentingnya pengalaman kerja mendorong Jos Luhukay berinisiatif membuat magangindonesia.com yang berisi informasi lowongan magang di perusahaan yang ada di Indonesia untuk anak-anak SMA/SMK dan juga calon lulusan perguruan tinggi.

“Saat ini lulusan SMA atau SMK atau fresh graduate dari perguruan tinggi kadang terganjal masalah ijazah dan pengalaman kerja saat ingin memasuki dunia kerja,” kata Jos saat peluncuran magangindonesia.com di Kampus Bina Nusantara (Binus), Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Ia mengakui, untuk lulusan SMA atau SMK memang tidak memiliki banyak pilihan mengingat hampir semua perusahaan memberikan syarat bagi karyawannya minimal mengantongi ijazah S1. Memiliki gelar sarjana juga tidak menjadi jaminan mudah mencari kerja karena banyak perusahaan yang meminta adanya pengalaman kerja.

“Bagaimana mau punya pengalaman kerja kalau saat akan bekerja dibutuhkan pengalaman kerja?” ujar Jos.

Untuk mengatasi hal ini, magang menjadi pilihan tersendiri agar seseorang memiliki pengalaman kerja di bidang yang diminatinya. Pasalnya, kualitas pendidikan yang baik tidak akan menjamin lulusannya apabila tidak terlatih untuk bekerja di bidang yang ingin ditekuninya.

“Hasil lulusan di Indonesia bisa jadi lebih baik dibandingkan negara lain. Tapi kalah bersaing karena hanya paham teori tapi tidak tersertifikasi dengan baik untuk praktik,” tandasnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close