People Innovation Excellence

Cara Asyik Mahasiswa Bangun Bisnis Portal

JAKARTA – Membangun sebuah bisnis tak semudah membalikkan telapak tangan serta butuh waktu lama. Namun dengan kemauan dan tekad yang kuat semua itu bisa diraih dengan waktu yang singkat.

Country Ambassador Yahoo! Indonesia Roy Simangunsong membagi resep membangun bisnis yang kuat kepada para mahasiswa. Secara khusus, dirinya memotivasi para anak-anak muda yang akan membangun bisnis di dunia portal.

“Jadi, kalau berbicara bagaimana orang membangun portal yang ada di Indonesia, saya selalu bicara pertanyaan pertama oleh dari para anak-anak muda dan portal apa yang mereka pilih. Biasanya mereka belum menjawab hal yang mendasar dan akhirnya akan menjawab portal yang sama dengan semua portal yang ada di Indonesia,” tuturnya kepada Okezone, Selasa (9/4/2013) malam.

Tetapi apabila mereka sudah menjawab apa yang akan mereka inginkan, seperti membangun bisnis portal, maka para mahasiswa atau anak muda ini harus bertanya kepada diri sendiri alasan ingin membangun bisnis tersebut.

“Kalau mereka memang sudah mengetahui, mereka harus bertanya kepada diri mereka ‘kenapa?’, ‘So what?’. ‘Apa diferensiasi saya?’, ‘diferensiasi saya dengan yang lain bagaimana?’ Itu harus mereka bangun,” tambahnya.

Dia meneruskan, apabila mereka sudah membangun diferensiasi tersebut, serta bisnis portal yang dibangunnya berkaitan dengan konten yang dibutuhkan oleh pihak Yahoo!, maka pihak Yahoo! akan melihat itu sebagai potensi partner.

“Contohnya kita bekerjasama dengan partner-partner lokal untuk membangun user-user daripada lokal portal, karena kita bekerjasama dengan beberapa lokal portal,” jelasnya. Dia pun memberi saran untuk generasi muda saat ini, sebelum akhirnya membangun sebuah bisnis, sebaiknya sudah memahami betul atau mengerti dengan jelas apa yang akan dibangunnya.

“Kepada anak-anak muda, sekarang mereka harus berani menanyakan kepada diri sendiri. Sebelum membangun sesuatu itu, kenapa mereka harus serius menjalankan bisnis portal,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, Studium Generale yang diadakan Binus University merupakan wujud untuk menjadi “A world-class university, in continuous pursuit of innovation and enterprise.” Ini dilakukan untuk mempersiapkan para mahasiswa agar siap bersaing dalam dunia global. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lebih kepada mahasiswa Binus University, sekaligus memperkaya wawasan mereka mengenai industri global.(rfa)

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2013/04/09/373/788980/cara-asyik-mahasiswa-bangun-bisnis-portal


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close