People Innovation Excellence

Perpaduan Seni dan Budaya dalam Lukisan Tionghoa

Salah satu kebudayaan asing yang kental melebur bersama kebudayaan Indonesia adalah budaya Tionghoa. Kebudayaan ini dibawa oleh bangsa China awal abad ke-7 ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Tak heran budaya tionghoa merupakan salah satu kebudayaan yang banyak diserap oleh bangsa Indonesia, sebut saja dalam hal kesenian.

Inilah yang ditampilkan dalam kegiatan Pameran Lukisan & Kaligrafi Tionghoa yang diselenggarakan tanggal 4-17 Maret 2013 di Kampus BINUS INTERNATIONAL, The Joseph Wibowo Center (JWC) Senayan (4/3).

Pameran ini diselenggarakan dalam rangka Tahun Baru Imlek 2564 ini menampilkan lebih dari 120 karya hasil Edy Widiyanta serta ke-16 muridanya yang memiliki latar belakang budaya, daerah dan profesi yang berbeda-beda namun tetap bisa bersatu dalam kecintaan akan seni.

Murid-murid Edy Widiyanta yang ikut serta dalam pameran ini adalah catherine Lime, Han Awal, Hendro Dharmawan, Hoemar Tjokrodiatmo, Jusuita Jusuf, Lisa Tjokroadhiguno, Yetty Lambong, Ferawati, Sumartini Rahman, Bernadet Marli, Sonni H. Sauwunggaling, Luo Lan Zhen, Vecalia, Mieke Tan, Yenti, dan Shinta.

Ini merupakan kali ketiga yang dilakukan di Kampus BINUS INTERNATIONAL. Dalam pameran ini juga diadakan demo lukis dan lelang lukisan hasil demo yang sebagian hasilnya akan disumbangkan untuk kegiatan amal.

“Pak Edy selalu memotivasi kami untuk lebih semangat dan produktif berkarya dalam memperkenalkan salah satu seni dan budaya Tonghoa kepada masyarakat luas, khususnya seni lukisa dan kaligrafi,” jelas Lisa Tjokrohadiguno, salah satu murid Edy yang ikut serta memamerkan 17 hasil karyanya dalam pameran ini. (DL)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close