BINUS UNIVERSITY

MATIC 2012, Lebih Jauh Mengenal Matematika dan Statistika

MATIC sebagai lomba tahunan School of Computer Science, Jurusan Matematika & Statistika BINUS UNIVERSITY kembali digelar. MATIC 2012 merupakan kompetisi bidang Matematika dan Statistika yang pesertanya melingkupi siswa-siswi SMA, baik kelas X, XI, maupun XII.

MATIC bertujuan untuk memperkenalkan bidang ilmu Matematika dan Statistika kepada siswa-siswi SMA sebagai cabang ilmu yang memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia industri seperti Teknologi Informasi (Information Technology).

Selain itu, digunakan untuk mencari talenta berbakat kelas XII yang mau bergabung dengan BINUS UNIVERSITY. Karena itu, selain hadiah berupa uang tunai, bagi juara 1 – 2 mendapatkan beasiswa penuh untuk berkuliah di School of Computer Science BINUS UNIVERSITY.

Penyisihan secara Online Contest dilakukan pada 7 Oktober 2012 diikuti 193 peserta dari SMA seluruh Indonesia. Sedangkan babak final diadakan pada 14 Oktober 2012. Pada babak Final, selain kompetisi juga diadakan workshop Microsoft Mathematics untuk guru dan orangtua serta seminar bertema Statistics Application in Social Media. Materi disampaikan Yoke S. Endarto.

Sebagai informasi, soal-soal yang diberikan dalam kompetisi ini tidak main-main. Soal perempat final setara dengan GRE (Graduate Record Examination) – Math dan soal Semifinal dan Final setara IMO (International Mathematical Olympiad). Kompetisi ini merupakan hasil kerja sama Jurusan, Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMMAT), dan Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMSTAT).

Berikut ini adalah juara MATIC 2012:

  • Juara 1 Stephen Sanjaya (SMAK 1 PENABUR Jakarta)
  • Juara 2 Yosua Kanichi Susilo (SMAK Penabur Gading Serpong)
  • Juara 3 Matthew Zakharia Hadimaja (SMAK 1 PENABUR Jakarta)
  • Juara 4 Muhammad Reza Permana (SMAN 8 Jakarta)
  • Juara 5 Limanan Nursalim (SMAK 1 Penabur Jakarta)