People Innovation Excellence

Aplikasi Pendataan Anak Jalanan Berbasis Komputer Karya BINUSIAN

Tiga mahasiswa program Teknik Informatika BINUS UNIVERSITY membuat inovasi baru. Inez Prineza, Cakra Wibi Sasmito, dan Ahmad Hani Mustafa membantu Kementerian Sosial Republik Indonesia dalam membuat aplikasi registrasi pendataan anak jalanan berbasis komputer dan internet.

Aplikasi ini dipergunakan untuk menghitung jumlah anak jalanan yang tersebar dengan sistem komputerisasi. Hal ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menghitung dan mencanangkan program-program untuk kesejahteraan anak jalanan di Indonesia.

Cara pendataan ini diperkenalkan kepada masyarakat melalui workshop yang diselenggarakan di Laboratorium Software BINUS UNIVERSITY, Rabu (14/3). Mereka yang mengikuti pelatihan ini adalah pekerja sosial di kalangan pemerintah seperti Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan panti sosial asuhan anak (PSAA) di antaranya Al Yasiin, Tambatan Hati, Kampung Melayu, serta Kuntum Teratai.

 “Ada jutaan anak terlantar yang tidak terperhatikan. Mereka ada di panti asuhan, jalanan, dan sebagainya yang tak dapat masuk di sektor formal. Terima kasih untuk BINUS UNIVERSITY yang bersedia membantu suksesnya program ini dengan Kemensos. Semoga ke depannya kita bisa mengembangkan kerja sama,” tutur Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Drs. Samsudi, MM.

Senada dengan Samsudi, Rektor BINUS UNIVERSITY Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM berpendapat jika BINUS UNIVERSITY sebagai lembaga pendidikan ingin berkontribusi dengan mengaplikasikan hasil karya mahasiswanya.

“Semoga pejabat pemerintah maupun pekerja sosial dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik hingga nantinya dapat meningkatkan taraf hidup anak jalanan,” ujar Rektor.(YD)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close