This is the material  for students of Computer Engineering and is written in Bahasa.

Abstrak

 Teori Sistem adalah mata kuliah dasar wajib yang diperuntukan bagi mahasiswa Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Bina Nusantara dan diberikan pada semester ke dua. Mata kuliah ini tidak memiliki pra syarat, namun demikian, diharapkan setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini minimal sudah mengetahui atau memahami ilmu Fisika Dasar (Mekanika), Teori Rangkaian Listrik, Kalkulus, Aljabar Linier, dan Manajemen, serta sedikit pemrograman dasar menggunakan Mathematic Tools seperti MATLAB, MATHEMATICA atau MAPLE.

Pada mata kuliah Teori Sistem dipelajari mengenai dasar-dasar modeling serta memodelkan persoalan yang bersifat fisis ke dalam model matematik dan menuangkannya dalam bentuk grafik dengan bantuan program MATLAB. Disamping itu pula, hasil permodelannya dianalisa terhadap kehandalan, kelinieran serta kelemahannya secara keseluruhan. Sebagai tambahan, pada mata kuliah ini juga diperkenalkan mengenai cara pengamatan dalam dunia usaha, yaitu mengamati kinerja suatu perusahaan melalui sisi seorang sarjana komputer.

Mata kuliah ini secara keseluruhan terdiri atas konsep dasar mengenai sistem secara keseluruhan, pembagian sistem berdasarkan atas umpan balik, permodelan, kehandalan sistem, kelinieran sistem analisa sistem dan desain sistem, serta mengenai pengamatan kinerja perusahaan. Diharapkan apabila seorang mahasiswa telah menerima mata kuliah ini akan mampu menghasilkan suatu permodelan, menyimpulkan hasil permodelannya, serta menerangkan kinerja dari model yang dibuatnya.

Kata Kunci:   Teori Sistem, sistem, model, kehandalan, kelinieran, kinerja perusahaan

 

Download here.