People Innovation Excellence

Rekonstruksi Citra-Warna dari Penginderaan Kompresif dengan Matriks Pengukuran Teroptimasi

BINUS ICTC 2011

Endra Oey

Abstrak

Penginderaan kompresif merupakan teknik baru dalam akuisisi sinyal dimana proses akuisisi dan pemampatan sinyal dilakukan secara bersamaan. Penginderaan kompresif mensyaratkan sinyal sparse atau termampatkan di dalam suatu basis yang tepat dan nilai koherensi yang kecil antara matriks pengukuran dan basis tersebut. Matriks pengukuran yang banyak digunakan pada penginderaan kompresif adalah matriks acak Gaussian yang memiliki koherensi cukup kecil dengan basis yang sering digunakan seperti Fourier dan wavelet. Namun demikian nilai koherensi tersebut dapat diperkecil lagi dengan mengoptimasi matriks pengukuran. Pada tulisan ini optimasi matriks pengukuran dilakukan dengan mengurangi nilai mutual coherence dari dictionary ekivalen, yakni hasil perkalian antara matriks pengukuran dan basis. Matriks yang teroptimasi tersebut kemudian digunakan untuk proyeksi citra-warna menghasilkan pengukuran kompresif. Hasil simulasi percobaan menunjukan bahwa optimasi matriks pengukuran dapat meningkatkan kualitas rekonstruksi citra dengan kenaikan nilai PSNR mencapai 175 %.

 

Kata kunci

Penginderaan kompresif, basis, optimasi matriks pengukuran, mutual coherence, citra-warna


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close