People Innovation Excellence

BINUS UNIVERSITY Raih Indonesian Quality Award 2011

BINUS UNIVERSITY meraih Indonesian Quality Award (IQA) 2011. Penghargaan yang diselenggarakan IQA Foundation ini diberikan dalam Seminar Nasional dan Penganugerahan Indonesian Quality Award 2011 di Hotel Mulia, Jakarta, (23/11).

Ini merupakan bentuk penghargaan terhadap penilaian kinerja ekselen berbasiskan Kriteria Baldrige atau yang juga dikenal dengan istilah Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE).

Untuk kali pertama BINUS UNIVERSITY mengikuti IQA dan merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang mendapat penilaian IQA. Diharapkan dengan keikutsertaan BINUS UNIVERSITY akan mendorong perguruan tinggi lainnya di Indonesia untuk ikut serta.

BINUS UNIVERSITY harus melalui beberapa tahapan penilaian. Dimulai dari persiapan semua dokumen aplikasi yang diperlukan, penilaian examiner yang dilanjutkan kunjungan ke BINUS UNIVERSITY dan penilaian kembali oleh examiner. Kemudian hasil penilaian dievaluasi tim teknis untuk disampaikan dalam sidang dewan juri guna menentukan penilaian akhir dan penghargaan yang akan diberikan.

Penilaian mengacu pada kriteria kinerja ekselen Malcolm Baldrige Education Critera for Performance Excellence. Kriteria ini terdiri dari tujuh kategori, yaitu Kategori Proses: leadership, strategic planning, customer focus, measurement analysis and knowledge management, workforce focus, operations focus, dan Kategori Hasil: student learning and process outcomes, customer-focused outcomes, workforce-focused outcomes, leadership and governance outcomes, budgetary financial and market outcomes.

Selain itu terdapat dua faktor yang menentukan sebuah lembaga mendapatkan penghargaan ini, yaitu komitmen untuk menjadi ekselen dan keberlanjutannya.

“Untuk dapat menghasilkan lulusan bermutu dan mempunyai daya saing tinggi, maka perguruan tinggi harus melihat tantangan yang terjadi di tengah dinamika perkembangan dunia dan mengubahnya sebagai peluang untuk berkembang,” ujar Rektor BINUS UNIVERSITY Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM.

Harry Hertz, Ph.D., Director Baldrige Performance Excellence Program, NIST, USA Department of Commerce juga menggarisbawahi apakah selama ini kita sudah melakukan usaha terbaik, bagaimana cara mengetahui bahwa kita sudah melakukan yang terbaik, dan bagaimana meningkatkan apa yang sudah dilakukan.

Penyelenggaraan IQA telah dimulai sejak tahun 2005 dan diikuti berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta dan dikembangkan untuk dapat diikuti juga sektor nonprofit/pemerintahan, sektor pendidikan, dan kesehatan.

Kegiatan ini didukung beberapa Kementerian seperti Kementerian Negara BUMN, Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Negara Ristek, dan Ketua BKPM.(YD)

Related Content:


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close