People Innovation Excellence

[Studium Generale: Culture and Industry Collaborations]: Pererat Hubungan Indonesia – Republik Korea

BINUS UNIVERSITY bekerja sama dengan Indonesian-Korean Culture Study (IKCS) menyelenggarakan Studium Generale “Indonesia-Korea Culture and Industry Collaborations, Rabu (12/10). Acara ini menghadirkan CEO PT Karinda Kharisma Park Shung Chun dan KUKM Korea Specialist Lee Jeong Hwa sebagai pembicara. Hadir pula Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia HE Kim Young-Sun.

Diselenggarakan pula penandatanganan kerja sama antara BINUS dan IKCS serta beberapa perusahaan Korea yang ada di Indonesia. Sebut saja Lotte Group, Hankook Tire, Samsung, dan LG. Memorandum of Understanding ini menandai kerja sama dalam berbagai bidang yang salah satunya adalah program kursus Bahasa Korea di BINUS CENTER.

Selain kedua hal di atas, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan kebudayaan seperti tarian, lagu, makanan, dan lain-lain. Misalnya saja persembahan tarian Bali dan Samunlori. Sekadar informasi, Samunlori adalah permainan alat musik perkusi tradisional Korea.

Indonesia telah menjalin hubungan bilateral dengan Korea Selatan selama lebih dari empat dasawarsa. Kolaborasi tersebut mencakup dalam bidang politik, ekonomi, kebudayaan, dan bahasa. Dengan berpenduduk lebih dari 48,7 juta jiwa, Republik Korea tercatat sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dan terkuat di dunia.

Awal mula kerja sama bilateral Indonesia – Korea Selatan dimulai pada 1979. Dalam pertemuan tersebut, kedua Negara membahas kebijakan-kebijakan di bidang energi di antara kedua Negara yaitu perdagangan LNG, minyak mentah, hasil kilang, dan batu bara. Juga kerja salam dalam pengembangan minyak, gas bumi, dan tenaga listrik.

Saat ini terdapat sekitar 2000 perusahaan Korea yang telah beroperasi di Indonesia dan didukung berbagai macam program pengembangan dari pemerintah Republik Korea dan berbagai organisasi lainnya.

Hal ini menyebabkan pesatnya pertumbuhan industri dan kebudayaan, sehingga memberikan banyak kesempatan pada sumber daya manusia Indonesia untuk bisa mengembangkan wawasan dan memahami cara bisnis, bahasa, serta kebudayaan dari perusahaan-perusahaan global.

Diharapkan kerja sama Indonesia dan Republik Korea dapat terjalin dengan baik melalui peningkatan kerja sama di bidang lainnya seperti pertahanan dan energy nuklir. Selain itu tentunya pengembangan kerja sama di bidang ilmu pengetahuan, pendidikan, dan investasi.(YD)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close