People Innovation Excellence

Workshop Kreatif untuk Guru se-Jabodetabek

“Kreatif adalah membuat sesuatu yang berbeda, atau menilai sesuatu dengan jalan pikiran berbeda,” kata Head of Animation Program BINUS UNIVERSITY, Darmawan Syamsuddin. Definisi itu disampaikannya dalam Creative Design Workshop yang diikuti sedikitnya 65 guru se-Jabodetabek.

Workshop digelar di BINUS UNIVERSITY, Kampus Anggrek, Jakarta Barat, Jumat (16/9). Guru yang hadir antara lain berasal dari Sekolah Menengah Atas Angkasa 2, SMA Budidaya, SMA Negeri Depok, SMA Kristen BPK Penabur dan SMA Tunas Karya. Mereka terdiri dari guru komputer dan seni.

Dalam pelatihan tersebut, para guru diberikan pemahaman soal pendidikan creative design serta industri kreatif. Sebut saja, pengertian dari kreatif, pengajaran animasi, dan lain-lain. Diharapkan, pemahaman itu nantinya bisa diimplementasikan dalam mendidik murid mereka.

Darmawan menjelaskan secara garis besar ihwal deskripsi kreatif. “Ada banyak definisi tentang kreatif. Semisalnya, kreatif adalah membuat sesuatu yang tidak biasa, atau kreatif adalah menggunakan pemikiran out of the box, yakni di luar batas pemikiran orang lain,” terang Darmawan.

Menurut Darmawan, setiap sekolah harus memberikan ruang bagi anak-anak yang sedang dalam fase kreatif. Hal ini bertujuan agar setiap anak lebih memahami tentang dunia creative design.

“Di tingkat sekolah dasar, anak-anak diberikan ruang kreatif tanpa ada embel-embel boleh atau tidak. Namun, hal ini tidak terjadi dalam fase SMP dan SMA. Alhasil, tercipta generasi yang tidak mendapatkan pelajaran kreatif di dua tingkat pendidikan itu,” ucap Darmawan.

Para guru tampak antusias mengikuti workshop ini. Menurut Yulvita, salah seorang guru di SMA Al Chasanah, pelatihan ini sangat bermanfaat. “Kita jadi lebih memahami tentang creative design dan animation,” terang Yulvita.(RA)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close