Kesan pertama begitu menggoda. Penggalan kalimat dalam sebuah iklan tersebut sesuai bila disandingkan pada mereka yang ingin berhasil dalam berkomunikasi. Siapa sih yang tak mau pesan-pesan yang disampaikan mendapatkan feedback positif dari orang lain?

Menurut Deliany Nelwan, pengajar John Robert Powers, first impression atau kesan pertama merupakan saat yang menentukan nilai hubungan antara kita dan orang lain. “Dalam public speaking harus membuat kesan pertama yang begitu menggoda,” ujar Deliany di hadapan ratusan hadirin peserta seminar Public Speaking di Auditorium Kampus Anggrek BINUS UNIVERSITY, Rabu (14/9).

Public speaking menyangkut persoalan tentang bukan hanya apa yang dibicarakan tetapi bagaimana membicarakannya. Setidaknya ada tiga komponen yang harus diperhatikan dalam public speaking, yakni orang, materi, dan cara penyampaian pesan. Ketiganya, lanjut Deli, haruslah bersinergi dan saling mengisi.

Deli memberikan rumus ampuh agar nyaman berkomunikasi dengan orang yang beru dikenal. “Don’t talk about yourself, talk about others. Perhatikan struktur, mind mapping, dan 5W+1H,” demikian ia berpesan.

Seminar ini merupakan bagian dari roadshow Majalah Femina dalam rangka pemilihan Wajah Femina 2011. BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu kampus yang mendapat kunjungan. Bekerja sama dengan Jurusan Marketing Communication, talkshow yang digelar pun seputar komunikasi dengan pembicara Deliany Nelwan dari John Robert Powers.

“Menjadi wadah untuk memfasilitasi potensi-potensi yang ada pada genereasi muda. Tidak hanya menampilkan kecantikan, tapi juga menggali bakat akting, foto (model), dan lain-lain. Di BINUS, Kami melihat banyak potensi mahasiswanya yang dapat kita angkat,” tutur Redaktur Mode&Kecantikan Femina, Wuri Handayani.(YD)