Sebagai wujud eksistensi di dunia pendidikan, BINUS UNIVERSITY memprakarsai digelarnya Transnational Higher Education Summit (THES). Pertemuan ini bakal selenggarakan selama dua hari di Gedung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) pada 20 Oktober 2011 dan Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, pada 21 Oktober 2011.

Konferensi ini nantinya bakal menjadi ajang pertemuan berkala bagi sejumlah pelaku perguruan tinggi, baik nasional maupun internasional. Selain itu, THES akan mengagendakan pembicaraan yang mengarah pada perencanaan untuk membuat perubahan bagi dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi di Indonesia.

Agenda yang akan digelar pada pertemuan THES ini antara lain dialog panelis. Adapun pembicara yang diundang di antaranya berasal dari pelaku industri, pemimpin perguruan tinggi, pemerintah serta lembaga pembuat kebijakan. Sedangkan pembahasannya dititikberatkan pada isu-isu terbaru serta solusi atas masalah-masalah tersebut.

Mengusung tema "Transforming Indonesian Higher Education for Global Competitiveness and Citizenship", THES mengundang masyarakat untuk berpartisipasi. Tujuannya, antara lain, agar bisa menjadi agen perubahan bagi pendidikan tinggi Indonesia dan membangun jaringan dengan pembicara maupun peserta lainnya.(RA)